EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI PENGAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN DAYA SERAP SISWA PADA KELAS XI IPA DI SMAN 1 BOLO

A. Arsyad, D. Darusman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika dengan strategi pengajaran menggunakan media Audio Visual terhadapa motivasi dan daya serap siswa pada kelas XI IPA di SMAN 1 Bolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan populasi semua kelas XI IPA, tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dan diperoleh kelas XI IPA2 sebagai kelas eksprimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media Audio Visual. Dan tes hasil belajar siswa untuk mengetahui tingkat daya serap siswa.  Data untuk daya serap siswa diambil dari nilai pretest yang menunjukkan kehomogenitasan kelas kontrol dan ekprimen dan nilai posttest yang diperoleh setelah perlakukan dan nilai terdistribusi normal. Data daya serap siswa dianalisis menggunakan uji-t dan didapatkan hasil t hitung =  14,04 > t tabel = 2,68 pada taraf signifikan 5% (pada dk = 40). Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual efektif untuk meningkatkan motivasi dan daya serap siswa pada pembelajaran fisika. Data respon siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan pedoman konversi skala lima. Dari analisis data diperoleh respon siswa kelas eksprimen sebesar 73% yang termasuk dalam kategori baik.


Keywords


Media Audio Visual, Motivasi & Daya Serap

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2010). Madia Pembelajaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Saiful Bahri. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Erlangga.

__________________. (2015). Guru dan Anak Didik Dalam Intraksi Edukatif. Jakarta : Rhineka Cipta.

Harjanto. (2015). Perancanaan Pengajaran. Jakarta : Rhineka Cipta.

Juhana. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Nurina, Betha Sari. (2014). Sistem Pemblajaran KBK Terhadap Motivasi Belajar Para Peserta Didik Pada Bidang Studi Fisika. Artikel.U5/art-05-57.html.

Purwanto. (2014). Psikologi pengajaran. Jakarta : Rhineka Cipta

Sanjaya, Wina. (2017). Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sardiman, A.M. (2015). Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo.

Sudjana, Ahmad dan Rivai, (2011). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.

Sugiono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.