PENGARUH MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP NEGERI 15 BOLO

A. Ahmad, A. Arsyad

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan tujuan mendesain media komik fisika, mengetahui pengaruh media komik dalam pembelajaran fisika terhadap penguasaan konsep siswa dan respon siswa terhadap media komik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Bolo tahun pelajaran 2016/2017 dan sampel penelitian adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penguasaan konsep siswa diperoleh dengan menggunakan tes penguasaan konsep dan data respon siswa dikumpulkan dengan angket. Data penguasaan konsep siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma absolut skala lima. Dalam penelitian ini telah dihasilkan 3 seri komik fisika untuk pokok bahasan zat dan wujudnya. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5 % dengan nilai t’= 3,026 dan nilai tersebut tidak berada pada interval -2,02<t’<2,02. Hal ini berarti media komik dalam pembelajaran fisika berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa. Sedangkan hasil analisis data angket diperoleh bahwa respon siswa positif terhadap pembelajaran fisika menggunakan media komik dengan porsentase 53,84 %.


Keywords


Media Pembelajaran, Komik Fisika, dan Penguasaan Konsep Siswa.

Full Text:

PDF

References


Ausubel (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Dimiyati, M. Dan Moedjiono. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan.

Hamalik,Oemar. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara

Riduwan, (2004). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rohani, A. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohani. (2013). Monopoli Fisika Sebagai Model Pembelajaran Suplemen Di SMPN 7 Mataram. Skripsi S1. Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, N dan Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.