PENGEMBANGAN LKS MODEL FISIKA CERIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA

A Zubair, D. Darusman

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan tujuan mendesain media pembelajaran berupa LKS model fisika ceria dan mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan prestasi siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMPN 4 Bolo tahun ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIC sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dua jenis yakni; data penguasaan konsep dan data respon siswa yang dikumpulkan dengan angket. Data penguasaan konsep siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma relatif skala lima. Dalam penelitian ini telah didesain LKS fisika ceria untuk empat kali pertemuan dengan pokok bahasan alat-alat optik. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5 % dengan harga t’= 3,786 sementara itu harga t tabel lebih kecil dari thitung yakni 2,021. Hal ini berarti LKS model fisika ceria berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis data angket menunjukkan bahwa respon siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 77 %.


Keywords


LKS, Fisika Ceria, Motivasi dan Prestasi

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2014). Pedoman Penyususnan Lembar Kegiatan Siswa dan Skenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

---------. (2016). Panduan Pengembangan Silabus Sekolah Menengah (SMP). Jakarta. Depdiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Karso. (1993). Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Depdikbud.

Nurkamri. (2012). Pengaruh Penggunaan Variasi LKS dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa di SLTP Negeri 6 Mataram. Skripsi S1. FKIP Unram.

Riduan. (2014). Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief. (2016). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2015). Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subana, Sudrajat. (2011). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sumaji. (2009). Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, Udin S, Tita Rosita. (1997). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Yusmaida. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media PETA. Pelangi Pendidikan, hlm. 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.