PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX-4 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BIMA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini menggunakan model discovery learning. subjek penelitian adalah kelas IX-4 MTs Negeri 2 Kota Bima NTB, dengan jumlah siswa 33 orang. Tindakan dilakukan 2 siklus dengan prosedur penelitian; Perencanaan (Plan), Pelaksanaa (Act). Observasi (Observe) & Refleksi (Reflect). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa IX-4 MTs Negeri Kota Bima. Dengan perbandingan pada siklus I ketuntasan klasikal siswa 76%, meningkat menjadi 88% pada siklus II. Begitupun aktivitas dan respon siswa meningkat, pada siklus I aktivitas siswa 50% dan respon siswa 80%, meningkat menjadi 88% dan 96% pada siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2015). Learning to teach (10th ed). New York: McGraw-Hill International Edition.
Elis Ratnawulan dan H.A Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia
Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Hanafiah, N. (2012). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.
Kemendikbud. (2013). Ilmu Pengetahuan Sosial. Edisi Revisi. Jakarta.
Pupuh dan Sobry. (2007). Strategi Blajar Mengajar. Bandung. PT Refika Aditama
Saefudin, Asis. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung PT.Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v2i1.84
Refbacks
- There are currently no refbacks.