Analisis Teoritis dan Kajian Literatur Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Basic Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah

Eka Dewi Puji Lestari, Muhammad Suwignyo Prayogo, Cahyaning Lintang Firdaus, Balqis Izzatus Zahwa

Abstract


Artikel ini mengulas secara mendalam penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah melalui pendekatan analisis teoretis dan telaah literatur ilmiah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode literatur review dengan beberapa langkah sistematis, yaitu: (1) mengidentifikasi tema dan fokus kajian terkait penerapan PBL dalam pembelajaran IPA; (2) menelusuri dan mengumpulkan sumber-sumber relevan dari jurnal nasional maupun internasional, buku, serta publikasi ilmiah terbitan tahun 2020–2025; (3) menyaring literatur berdasarkan kredibilitas, kesesuaian topik, dan kontribusi teoretis; (4) melakukan analisis isi terhadap temuan utama masing-masing sumber; dan (5) menyintesis informasi untuk menghasilkan pemahaman komprehensif mengenai efektivitas serta tantangan penerapan PBL di tingkat MI. Hasil telaah menunjukkan bahwa PBL berkontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman konsep sains, keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, serta partisipasi aktif peserta didik. Pendekatan ini juga sejalan dengan prinsip konstruktivistik yang menekankan pembelajaran berpusat pada siswa. Namun demikian, sejumlah kendala ditemukan dalam implementasinya, seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru, serta kurangnya sarana pendukung pembelajaran. Secara keseluruhan, kajian ini menegaskan bahwa PBL merupakan strategi pembelajaran yang relevan, inovatif, dan efektif dalam menciptakan pengalaman belajar IPA yang bermakna bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah.


Keywords


Problem Based Learning, Pembelajaran IPA, Kajian Literatur, Pendidikan Dasar

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2020). Learning to teach (11th ed.). McGraw-Hill Education.

Bron, J. F., & Prudente, M. S. (2024). Examining the effect of problem-based learning approach on learners’ mathematical creativity: A meta-analysis. International Journal of Research in Education and Science, 10(3), 653–668. https://doi.org/10.46328/ijres.3456

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Desain penelitian: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan metode campuran. Los Angeles: Sage Publications

Kurniasari, E., Yulianti, D., & Sari, M. N. (2023). The effectiveness of problem-based learning model in improving higher order thinking skills and character of elementary school students. Journal of Innovation in Educational Research, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.21009/jier.2023

Maulana, H., & Rohim, A. (2021). Analisis Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Barisan dan Deret Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematis. INSPIRAMATIKA, 7(2), 71-79.

Nurseta, R. A., Sumarni, W., & Isdaryanti, B. (2024). The Effectiveness of STEAM-based Integrated Energy Conversion in Enhancing Critical Thinking Skills and Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 13(2), 62-74.

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126.

Puspita, Y. (2023). Implementasi ice breaking untuk menciptakan kesiapan belajar dan pembelajaran yang menyenangkan pada anak usia dini. Journal on Education, 5(4), 11846-11854.

Puspita, A. D., Maryanti, S., & Sukma, H. H. (2023). Problem-based science learning: A bibliometric analysis. Journal of Education and Learning, 17(2), 285–293. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20856.

Rahman, A., & Surahman, N. I. (2019). Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan taksonomi Anderson. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 119-127. https://doi.org/10.35580/imed11048

Safitri, M., Utamain, D., Munandar, N., & Ramadhani, D. (2021). Effectiveness of problem-based learning combined with computer simulation on students’ problem solving and creative thinking skills. International Journal of Instruction, 14(3), 519–534. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14308a

Simanjuntak, D. F. (2021). Pengaruh Return On Asset, Return On Equity, Debt To Equity Ratio dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi dan Manajemen TRI BISNIS, 3(1), 45-78.

Yasar, M. D., Batdi, V., & Kiliç, A. N. (2024). Problem-based learning in science education: A mixed meta method study. Science Insights Education Frontiers, 24(2), 3971–3992. https://doi.org/10.15354/sief.24.re406




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i2.767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.