Pengaruh Model PjBL Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar
Abstract
Pengembangan kompetensi holistik sejalan dengan Kurikulum Merdeka menghadapi tantangan rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang seringkali pasif. Sebagai respons, model Project-Based Learning (PjBL) diajukan sebagai pendekatan inovatif yang berpusat pada siswa untuk menumbuhkan motivasi intrinsik melalui pengalaman belajar otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh model PjBL terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experiment dan rancangan pretest- posttest control group. Penelitian dilaksanakan di SDN Margahurip Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, dengan sampel sebanyak 30 siswa kelas V. 15 siswa menjadi kelompok eksperimen yang menerima perlakuan PjBL, dan kelas 15 siswa menjadi kelompok kontrol. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada seluruh sampel penelitian baik pada saat pretest maupun postest. Kemudian dianalisis menggunakan Uji-t Sampel Independen. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik pada motivasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p < 0.05). Rata-rata skor posttest kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran daring membuat seni kolase menggunakan model project based learning pada masa pandemi covid 19. P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185-191.
Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 16–21. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.24.
Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis. Educational Research Review, 28, 100308. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100308
Deviyanti, M. R., Yuanta, F., & Juwariyah, S. (2024). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Dukuh Kupang V Surabaya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 85-95.
Do?ru, Y. (2024). Technological Pedagogical Content Knowledge from the Perspective of Educational Sciences and Physical Education. Pakistan Journal of Life and Social Sciences (PJLSS), 22(2). https://doi.org/10.57239/pjlss-2024- 22.2.0082
Ewisahrani, E., Widia, W., Fathurrahmaniah, F., Arwan, A., Haris, A., & Islamiah, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 50-53.
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408.
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.2808 1
Fathonah, S. (2024). Persepsi Guru Terhadap Konsep Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA N 1 Sebatik Kalimantan Utara. 10.
Gazali, N., Kamaruzaman, S. A., Cendra, R., Makorohim, F., & Setiawan, E. (2025). Investigating the influence of virtual reality (VR) on engagement and enjoyment in badminton–A comparison of VR and non-VR: 2026, V. 12, No. 3. Health, sport, rehabilitation.
Han, S., Capraro, R., & Capraro, M. M. (2015). How science, technology, engineering, and mathematics (STEM) project-based learning (PBL) affects high, middle, and low achievers differently: The impact of student factors on achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1089-1113. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9526-0
Hidayah, A. K., Rahardjo, S. B., & Saputro, S. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Metode Project-Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 56-61).
Kaptiasih, R., Taufiqulloh, T., & Habibi, B. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Journal of Education Research, 4(3), 1488-1494.
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.360
Khaira, U. (2022). Analisis Penggunaan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2884-2898.
Marifah, I., & Karimah, N. I. (2025). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 1-8.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi pembelajaran project based learning (PJBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
Nasrullah, N., Santoso, J. A., & Jusuf, J. B. K. (2025). Game Challenge Cards: A Systematic Review on Gamification for Elementary Volleyball Skills. Jurnal Porkes, 8(2), 871-883.
Nur'itam, N. I., Nurwalidainismawati, N., & Suryaningsih, S. (2025). Peran Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar: Studi Kasus di Sekolah DASAR. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 74-77.
Rahmawati, S., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 7(6), 3450–3456. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6
Ramdhani, A. N., & Suherman, A. (2024). Program Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Outdoor Education. JURNAL PENJAKORA, 11(1), 106-115.
Widia, I Kaniawati, L Hasanah. (2024). The Role of Simulation in Creating Project: A Literature Review. Science and Technology Publications (1), 700-707
Widiyanto, W. E., & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sport Science And Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.105.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i2.635
Refbacks
- There are currently no refbacks.



