Karakteristik dan Etika Profesi Keguruan di Era Society 5.0: Kajian Leteratur

Miftahul Jannah, Widia Sari, Robin Robin, Rully Hidayatullah, Hadeli Hadeli

Abstract


Era Society 5.0 menghadirkan paradigma baru dalam dunia pendidikan, di mana teknologi canggih dan inovasi berbasis manusia membentuk lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif. Maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik dan etika profesi guru yang diperlukan dalam era Society 5.0. Metode penelitian adalah library research, mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, serta dokumen lainnya yang berkaitan dengan kata kunci “etika profesi guru” & Kompetensi guru Era Society 5.0”. Selanjutnya klasifikasi dan analisis isi dari data yang diperoleh, serta penarikan kesimpulan dari hasil sintesis berbagai sumber yang telah dianalisis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di era Society 5.0 harus memiliki literasi digital, kemampuan beradaptasi, kreativitas, berpikir kritis, dan pengetahuan interdisipliner. Mereka diharapkan mampu mengintegrasikan, big data, dan Internet of Things (IoT) dalam proses pembelajaran dengan tetap mempertahankan pendekatan yang berpusat pada manusia. Karena peran guru dalam era Society 5.0 tidak hanya terbatas pada pengajaran, tetapi juga mencakup mentoring dan pembinaan etika. Untuk mencapai hal ini, diperlukan pengembangan profesional berkelanjutan, pelatihan etika, dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan teknologi. Dengan menggabungkan inovasi dan prinsip etika, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang holistik serta mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan dunia modern.

Keywords


Karakteristik Guru; Etika Guru; Era Society 5.0.

Full Text:

PDF

References


Adedo, E., & Deriwanto, D. (2024). Perkembangan Media Digital Dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Amelia, D., Kusen, K., & Syahindra, W. (2024). Teknologi Informasi Dalam Perspektif Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Abad 21 (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Hasan, S. (2018). Profesi dan Profesionalisme Guru. Uwais Inspirasi Indonesia.

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.

Himawan, I. S., Wahyuni, S., Hamidin, D., Andriani, A. D., Meidelfi, D., & Khairunisa, Y. (2022). Etika Profesi Teknologi Informasi Dan Komunikasi. TOHAR MEDIA.

Irfa, M. (2022). Problematika Evaluasi Pembelajaran Pai Pasca Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 11 Pudung (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat).

Iskandar, A., Winata, W., Kurdi, M. S., Sitompul, P. H. S., Kurdi, M. S., Nurhayati, S., Hasanah, M., Arisa, M. F., & Haluti, F. (2023). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Yayasan Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.

Karim, A. (2025). Transformasi Digital dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Era Soceity 5.0. Nas Media Pustaka.

Nurzaman, E. (2021). Pendidikan dan profesi keguruan dalam membangun sumber daya manusia (SDM). Samudra Biru.

Milyane, T. M., Darmaningrum, K., Natasari, N., Setiawan, G. A., Sembiring, D., Irwanto, Kraugusteeliana, Fitriyah, N., Sutisnawati, A., Sagena, U., Nurhayati, S., Indriana, I. H., & Putri, M. S. (2023). LITERASI MEDIA DIGITAL. Penerbit Widina.

Suharyanto, E. & Yunus. (2021). Pendidikan Karakter Yang Efektif Di Era Milenial. Penerbit Adab.

Martha, A. (2025). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Methods pada Era Digital. Takaza Innovatix Labs.

Duryat, D. H. M. (2022). Analisis kebijakan pendidikan; Teori dan praktiknya di Indonesia. Penerbit K-Media.

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. Bumi Aksara.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778-27778.

Putri, F. A., & Khairat, A. (2024). Kode Etik profesi guru pendidikan agama islam dalam konteks peningkatan mutu pendidikan di era society 5.0. Israul Educational Journal: Jurnal Pendidikan, 2(2), 41-52.

Ramadhan, S., Kusumawati, Y., & Aulia, R. (2024). Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Penerbit K-Media.

Suryadi, A. (2024). Dinamika Pendidikan Islam: Perspektif Historis dan Tantangan Modern. CV Jejak (Jejak Publisher).

Syahbuddin, S. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 2 Madapangga. BAHTRA: Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.56842/bahtra.v3i01.118

Sutrisno, T., Alam, M. D., & Prihatiningtias, Y. W. (2024). Manajemen strategis: sebuah panduan praktis untuk akademik dan bisnis. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Yunita, M. I., Ksvara, R. A., Hanif, D. A., Maharani, N., & Lukitoaji, B. D. (2025). Tantangan Etika dan Privasi Terhadap Perspektif Global Pendidikan Teknologi Bagi Generasi Mendatang. EDUCREATIVA: Jurnal Seputar Isu dan Inovasi Pendidikan, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v6i1.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.