Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Salah satu mata pelajaran yang didesain pada kurikulum merdeka adalah dengan menggabungkan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi IPAS. Kurangnya penerapkan model pembelajaran dan penggunaan media ajar dalam pembelajaran IPAS terutama pada materi IPS terkadang membuat siswa merasa kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Berdampak pada siswa kurang memahami materi ajar dan hasil belajar yang tidak mencapai kategori tinggi. Tujuan untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar siswa sekolah dasar terutama pada mata pelajaran IPAS dengan fokus IPS melalui model Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media quizizz paper mode. Metode penelitian yang digunakan ialah pre-eksperimen one group pre-test post-test design. Sampel yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari 23 orang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrument pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menyatakan adanya perubahan dari nilai rata – rata tertinggi dan terendah pada pretest sebesar 47 menjadi 76,5 pada posttest. Hasil rata – rata N-Gain sebesar 62%. Pada nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,499 atau 49%. Maka dapat disimpulkan bahwa pada model pembelajaran kooperatif student team achievemet division (STAD) berbantuan media quizizz paper mode memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar terutama pada mata pelajaran IPAS dengan fokus IPS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, F. N., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar : Jurnal Kajian Islam Kontemporer , 14(1).
Angelina, T., Herliana, Y., Widodo, S. T., & Arum, U. K. (2023). Efektivitas Media Paper Mode Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3731–3742. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i6.6382
Eraristian, K., & Dewi, C. (2021). Penerapan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas V Sdn Sukolilo 01. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02).
Faradina, E., Sisworo, & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jmpm: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 51–65. Https://Doi.Org/10.26594/Jmpm.V7i1.2601
Huda, M. (2015). Cooperative Learning: Model, Teknik, Struktur, Dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar.
Lestari, E. K., & Yudhanegara, R. M. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd Ed.) Pt Refika Aditama .
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Y Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03, 171.
Pramana Putra, D. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2). Https://Doi.Org/10.30605/Jld.1.2.2021.14
Putra, P. W. R. (2023). Improving Students’ Vocabulary Through Paper-Mode Quizizz: A Classroom Action Research In Indonesian Efl Setting. English Learning Innovation, 4(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.22219/Englie.V4i1.22513
Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring Dengan Model Stad Berbantuan Power Point Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.873
Rusman. (2018). Model - Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru . Pt: Raja Grafindo Persada .
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D . Pt Alfabet .
Suryana, A., Tarbiyah, F., Roiba, I. L., Sugianto, A., & Bahari, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Student Teams Achivement Divisions (Stad) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3, 166. Https://Doi.Org/10.17467/Jdi.V3i2.351
Suryaningsih, S., Arwan, & Rahma, N. (2024). Development of Teaching Materials Based on Strengthening the Pancasila Profile of Science and Science Subjects To Improve Critical-Creative. Jurnal Cakrawala Pendas, 10 (4), 928–941. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v10i411309
Sutikno, S. M. (2019). Metode & Model - Model Pembelajaran (P. Hadisaputra, Ed.; 1st Ed.). Holistica Lombok.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.396
Refbacks
- There are currently no refbacks.



