IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Numerasi berkaitan erat dengan matematika, karena mengintegrasikannya untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Numerasi adalah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik agar mampu memecahkan permasalahan yang melibatkan konsep matematis. Akan tetapi, berdasarkan hasil angket, ditemuan bahwa 65,3% dari 26 peserta didik kelas V, kurang menyukai matematika. Hal tersebut dapat mengahambat dalam meningkatkan kemampuan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan numerasi pada peserta didik kelas V SD Negeri Brumbun. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Brumbun dengan subjek peserta didik kelas V sebanyak 26 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus tahun 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, selanjutnya dianalisis secara deskriptif dangan menyajikannya ke dalam bentuk tabel, grafik, maupun deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dengan model PBL dapat meningkatkan kemampuan numerasi pada peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dari peningkatan kemampuan numerasi dari tahap pra siklus yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 41,5 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 19,2%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,5 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,8%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 88,07 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 92,3%. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan yakni 85% peserta didik tuntas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan numerasi pada peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, P. I., Prayito, M., Jannah, F. M., Guru, P. P., & Semarang, U. P. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level ( Tarl ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01. Journal Of Social Science Research, 4(2), 1676–1685. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9509
Emiliani, Sugiarti, & Temawati. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TaRL. Journal of Teacher Professional, 2(Agustus), 217–227.
Fitri, Y., & Juliani, S. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Bantuan Game Sederhana. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 3(1), 118–127. https://doi.org/10.32672/perisai.v3i1.1076
Harahap, A. R., Alamsyah, B. N., Rahmat Mushlihuddin, & Purba, E. (2024). Penerapan Pendekatan TARL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Bantuan Media Quizizz Di Kelas I SD Negeri 067240 Medan Tembung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 11625–11641. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Helaludin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (pp. 1–148). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Khaerunisa, I., Rizal, S., Ashari, A., & Ariyanto, L. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level ( TaRL ) Berbantuan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas X SMA N 5 Semarang. 4, 2143–2154.
Kosim Abdullah, E., & Muhamad Zaenal, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 128–138. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3454
Lestari Pratiwi, G., & Akbar, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas Iv Sdn Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 375–385. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 310–317. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4459
Ramadhani, Z., N, O. R., Saputra, D. P. J., Afifulah, M. Y., & Darmadi, D. (2021). Analisis Penerapan Asessmen Kompetensi Minimum (Akm) Terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Magetan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 342–345. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2959
Rayahu, Restu Rosita, R. (2022). Implementation of the Independent Learning Curriculum At the Driving School. JURNAL BASICEDU, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237 ISSN
Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan , 2(1), 179–192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920
Wulandari, I. S., Januar, H., Rini, A. S., Wijayanti, A., Semarang, U. P., Islam, S. D., & Madina, A. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Kelas II Pembelajaran Matematika. 4, 9529–9538.
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.372
Refbacks
- There are currently no refbacks.