IMPLEMENTASI WEBSITE WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SEKOLAH DASAR

Faikhotus Zaza Azadia, Fida Rahmantika Hadi, Heni Kuswardiyanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan pembelajaran konvensional hanya menggunakan ceramah dan pengugasan, Dengan menggunakan pembelajaran konvensional,peserta didik menjadi kurang antusias dan membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakan soal. Mereka mengulur waktu ketika proses mengerjakan soal tersebut dan tidak terlalu fokus, yang ahirnya hasil belajar yang mereka dapatkan jauh dibawah KKM dengan nilai minimal 75. Setelah melakukan observasi, peneliti melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui web Wordwall dengan model whell berputar dan dibatasi oleh waktu. Penelitian ini terbagi dalam dua siklus, dimana pada saat melaksakan pembelajaran IPAS di kelas III, peneliti mengimplementasikan Wordwall pada saat melakukan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa web Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus tanpa menggunakan web Wordwall ketercapaian pemebaljaran hanya sebesar 30 %. Kemudian pada siklus 1 setelah penetrasi web Wordwall terjadi peningkatan yang cukup tinggi yaitu 61% hingga siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 86%. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan web Wordwall terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS dan membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.

Keywords


IPAS; Wordwall; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Amril, Darniyanti, Y., & Sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9593–9607.

Elisa Priscillia, Z., Mufidah, E., & Al-Fattah Siman Sekaran Lamongan, S. (2023). Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah. Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 61–69.

Hidayah, Z. I., & Eka, K. I. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar dan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Media Wordwall. Jurnal Basicedu, 8(3), 1996–2007. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7538

Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 395–412. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-3

Nafian, R. K., Widayanti, U. A., & Rahmawati, I. (2024). Penggunaan Media Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Gumul Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(04), 747–750.

Nurulita, A., & Mustika, D. (2024). Strategi Guru dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 399–410. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.884

Olimpiani, A. D., Nugroho, D. A., & Prayitno, J. E. (2024). p-ISSN: 2774-6291 e-ISSN: 2774-6534 Available online at http://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/index. CERDIKA :JURNAL ILMIAH INDONESIA, 4(April), 352–359.

Ramanda, F., Firman, & Desyantri. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR IPAS SISWA SD. Jurnal Edu Research, 4(4), 213–226.

Susilowatiningsih, Arfilia Wijayanti, & Joko Sulianto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas Iii Sdn Wonotingal. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5211–5233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1159

Syachruroji, A., Mahtuh, N. A., Andriani, N., Rahmawati, R., & Fadilah, N. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas 3 Muatan Pelajaran IPA di SDN Kebaharan 2. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 13–21.

Syaifudin, Islam, A. I., Muhammad, S., & Sambas, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.607

Yuliana, R. D., R, F. M., & Vismayanti, E. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipas Melalui Media Wordwall Pada Kelas Iv Sdn 02 Pandean. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April), 6881–6888.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.