IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Siti Hariyanti, Fida Rahmantika Hadi, Heni Kuswardiyanti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran dimana bahasa Indonesia dilaksanakan secara konvensional yang lebih fokus pada guru dari pada peserta didik. Kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan minimnya interaksi antara guru dan peserta didik juga dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan culturely responsive teaching (CRT) serta mengidentifikasi dampaknya terhadap hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus. Siklus 1 menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan siklus 2 menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang digabungkan dengan CRT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan CRT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan membuat mereka lebih aktif dalam pembelajaran karena peserta didik diberi permasalahan kontekstual berupa warisan budaya lokal tempat tinggalnya. Proses pembelajaran berbasis masalah terkait dengan sosial budaya sangat menarik minat peserta didik dalam belajar dan membuat pembelajaran lebih bermakna bagi peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi dengan pengajaran responsif budaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Culturally Responsive Teaching, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, Sahputra, D., Sulistiyo, H., Fitriyanti, Sakti, B. P., Khusnia, A. N., Noveni, N. A., Tarjo, S., Chamidah, D., Puri, V. G. S., Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya. In A. H. Prasetyo, N. Musyafak, & F. Yanti (Eds.), Penerbit ADAB (Pertama, pp. 23–32). CV. Adanu Abimata.

Destiranda, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Kelas X SMAN 12 Pekanbaru. Proceeding Biology Education Conference, 20(1), 61–64.

Fitria, Saenab, S., Tahir, S., & Djumriah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Culturaly Responsive Teaching di SMP Negeri 1 Pallanga. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1004–1008.

Girsang, B., Maryanti, I., & Nasution, U. (2024). Penerapan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Crt. Journal of Mathematics Education Sigma, 5, 162–169. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i2.20786

Hidayah, K. A., Pratiwi, D. E., Nimas, H., & Hastungkoro, A. (2024). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya , Indonesia SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya , Indonesia menghendaki persamaan hak bagi tiap . 5, 94–102.

Ishak, & Rosita. (2022). Peningkatkan Kualitas Belajar Matematika Melalui Metode Student Facilitator And Explaining. Journal of Mathematics Education, 1(3), 14–23.

Khasanah, I. M. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 3(2), 7–14. https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.514

Maulana, R., Segara, B. Nu., & Wuliono. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Mojosari. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3897–3906. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14713.

Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. In Gading Pustaka (Vol. 19, Issue 5, pp. 1–23). Gading Pustaka.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429.

Safitri, A., & Zaid Erwina. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pembelajaran Kimia. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1480–1485.

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444

Wahyuningsih, D., Andayani2, Y., Astuti, & Puji, B. R. (2022). Optimalisasi Hasil Belajar Kimia Melalui Implementasi Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1097-Article Text-3401-1-10-20230117.pdf

Widiarti, E., Purwaningsih, D., & Maulida, S. (2024). Analisis Kepercayaan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pbl Terintegrasi Pendekatan CRT. Prosiding Seminar Nasional Program Profesi Guru, 2, 65–70. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/892

Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2111–2120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5451




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.