IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, Sahputra, D., Sulistiyo, H., Fitriyanti, Sakti, B. P., Khusnia, A. N., Noveni, N. A., Tarjo, S., Chamidah, D., Puri, V. G. S., Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya. In A. H. Prasetyo, N. Musyafak, & F. Yanti (Eds.), Penerbit ADAB (Pertama, pp. 23–32). CV. Adanu Abimata.
Destiranda, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Kelas X SMAN 12 Pekanbaru. Proceeding Biology Education Conference, 20(1), 61–64.
Fitria, Saenab, S., Tahir, S., & Djumriah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Culturaly Responsive Teaching di SMP Negeri 1 Pallanga. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1004–1008.
Girsang, B., Maryanti, I., & Nasution, U. (2024). Penerapan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Crt. Journal of Mathematics Education Sigma, 5, 162–169. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i2.20786
Hidayah, K. A., Pratiwi, D. E., Nimas, H., & Hastungkoro, A. (2024). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya , Indonesia SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya , Indonesia menghendaki persamaan hak bagi tiap . 5, 94–102.
Ishak, & Rosita. (2022). Peningkatkan Kualitas Belajar Matematika Melalui Metode Student Facilitator And Explaining. Journal of Mathematics Education, 1(3), 14–23.
Khasanah, I. M. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 3(2), 7–14. https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i2.514
Maulana, R., Segara, B. Nu., & Wuliono. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Mojosari. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3897–3906. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14713.
Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. In Gading Pustaka (Vol. 19, Issue 5, pp. 1–23). Gading Pustaka.
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429.
Safitri, A., & Zaid Erwina. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pembelajaran Kimia. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1480–1485.
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444
Wahyuningsih, D., Andayani2, Y., Astuti, & Puji, B. R. (2022). Optimalisasi Hasil Belajar Kimia Melalui Implementasi Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1097-Article Text-3401-1-10-20230117.pdf
Widiarti, E., Purwaningsih, D., & Maulida, S. (2024). Analisis Kepercayaan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pbl Terintegrasi Pendekatan CRT. Prosiding Seminar Nasional Program Profesi Guru, 2, 65–70. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/892
Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2111–2120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5451
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v5i2.369
Refbacks
- There are currently no refbacks.