Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V SDN Mentokan

Warnijuita Warnijuita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Media Gambar untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SDN Mentokan tahun ajaran 2021/2022. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimulai dengan studi pendahuluan. Selama penelitian, peneliti menemukan bahwa pada pra-siklus, tingkat kemampuan penguasaan kosakata siswa masih rendah, yaitu 55,8  % pada kisaran 40% - 55%. Pada siklus I setelah siswa diberikan tindakan dengan menggunakan  Media Gambar,  tingkat kemampuan siswa meningkat menjadi 61,5%  dan masuk kriteria sedang (56%-75%). Pada siklus II setelah siswa diberikan tindakan berdasarkan pengamatan pada siklus I, kemampuan penguasaan kosakata siswa meningkat menjadi 78,3%  sehingga masuk dalam kriteria tinggi (76%-100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan penguasaan kosakata

Keywords


Kemampuan Penguasaan Kosakata, Media Gambar

Full Text:

PDF

References


Akiriningsih T., Sari, A. (2014). Manfaat Picture and Picture Bagi Anak Usia Dini Dalam Penguasaan Bahasa Inggris. Diakses tanggal 3 April 2021 pada link http://www.stpsahidsolo.ac.id/index.php?i d=artikel&kode=22.

Arikunto & Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan deskriptif bahasa jerman siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2), 32-40.

Hidayat, N. (2017). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII MTs Al-Mursyidiyyah Pamulang, Tanggerang Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017).

Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Kristiawan, D. (2005). A Study Of The Grammatical Errors In Bilingual Translation: A Case Study Of The Third Year Language Program Of SMA Negeri 7 Purworejo in The Academic Year Of 2004/2005. A Thesis. Purworejo: Muhammadiyah University Of Purworejo.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan kosa kata Bahasa Inggris melalui media audio visual (animasi) pada paud. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133-140.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta

Sulandari, N. (2016). Pengenalan kebudayaan melalui desain pembelajaran menulis puisi deskriptif berbantuan media gambar. FKIP e-Proceeding, 86-91.

Sundari, N. (2013). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1), 1-7.

Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 6(1), 39-58.

Zulhartati, S. (2011). Pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. Guru Membangun, 26(2).




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v2i2.252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.