Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 03 Mangli Jember

Lilik Dewi Candra Wulan, Muhammad Suwignyo Prayogo, Lia Hikmatul Aula

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pembelajaran digital pada pembelajaran tematik terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran digital menciptakan situasi di mana siswa belajar melalui diskusi dan meningkatkan pembelajaran interaktif online dengan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Mangli Jember. Temuan menunjukkan bahwa pembelajaran digital pada pembelajaran tematik berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran digital terbukti berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa promosi pembelajaran digital dapat memberikan alternatif inovasi pendidikan di kelas. Kemajuan teknologi informasi dan teknologi terkait akan membuat pembelajaran digital lebih dapat diterima oleh siswa dan guru.


Keywords


Digital, Pembelajaran dan Teknologi

Full Text:

PDF

References


Anisah, A., Aziz, S. S., & Bowo, F. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa. Manajerial, 15(1), 1-4.

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi flipped classroom dengan video tutorial pada pembelajaran fotografi komersial. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 20-36.

Wagner, E. (2005, June). Interaction strategies and experience design: Guidelines for technology-mediated learning. In EdMedia+ Innovate Learning (pp. 4118-4119). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Holzberger, D., Philipp, A., & Kunter, M. (2013). How teachers’ self-efficacy is related to instructional quality: A longitudinal analysis. Journal of Educational Psychology, 105(3), 774-786.

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553-3564.

Nurzila, N. (2022). Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Perlu Strategi Tepatguna. Jurnal Literasiologi 8 (4): 89–98.

Pai, J. C., & Tu, F. M. (2011). The acceptance and use of customer relationship management (CRM) systems: An empirical study of distribution service industry in Taiwan. Expert Systems with Applications, 38(1), 579-584.

Pratiwi, W. R. (2020). The Practice of Digital Learning (D-Learning) in the Study from Home (SFH) Policy: Teachers' Perceptions. Journal of Southwest Jiaotong University, 55(4).

Rostati, R., & Rahmania, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPS Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Harapan Bima. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(01), 1-5.

Saggaf, M. S., Salam, R., & Rifka, R. (2017, July). The effect of classroom management on student learning outcomes. In International Conference on Education, Science, Art and Technology (pp. 98-102).

Sandybayev, A. (2020). The impact of e-learning technologies on student’s motivation: Student centered interaction in business education. International Journal of Research in Tourism and Hospitality (IJRTH), 6(1), 16-24.




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i2.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.