Implementasi Permainan Singing Estafet dan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa Kelas V B SD Al Baitul Amien 02 Jember

Lia Hikmatul Maula, Muhammad Suwignyo Prayogo, Febriyanti Arafah, Alvin Hidayatullah

Abstract


Pentingnya penggunaan media dalam proses pengajaran tidak hanya ditekankan pada keberagaman jenis media, tetapi juga pada potensi media tersebut untuk meningkatkan daya ingat peserta didik Dalam konteks ini, media visual memiliki peran yang sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan pemahaman peserta didik terhadap permainan singing estafet dan media kartu soal, serta perubahan positif dalam sikap dan minat mereka terhadap pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah bahwa pendekatan pembelajaran dengan menggunakan kartu soal tidak hanya efektif dalam pengembangan pemahaman konsep, tetapi juga mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan mengatasi ketidakpercayaan diri dalam berbicara di depan kelas. kesimpulan dari penelitian ini adalah modifikasi permainan estafet bernyanyi dan media kartu soal di kelas V B SD Al Baitul Amien 02 Jember melibatkan perubahan benda-benda dan penambahan unsur musik, menciptakan varian "estafet benda sambil bernyanyi." Meskipun mayoritas peserta didik antusias, pemahaman variasi gaya belajar perlu diperhatikan.


Keywords


Permainan singing Estafet, Media Kartu Soal, Minat dan Pemahaman Siswa

Full Text:

PDF

References


Afifah, A. (2017). Peran Guru Dalam Memilih Alat Permainan Edukatif Untuk Menumbuhkembangkan Potensi Anak Usia Dini di RA Muawanatul Falah Ngetuk Kecamatan Gununugwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2016/ 2017. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:114885864

Annisa, A., Radhini, N., Putra, S. D., Tiskhania, Z. A., & Fu’adin, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan Terhadap Minat Dan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pelajaran Matematika. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:255744816

Aspini, N. N. A. (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:236785970

Bahri, F. A. Y. B. S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kartu Soal Dengan Pendekatan Konstrutivistik Pada Mahasiswa PGSD STKIP Melawi. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:230716087

Fitriya, A. (2022). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas Di RA Al Mu’arif Al Mubarok Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:254755434

Ismaniar, I. (2018). Kreatifitas dan Pendidik PAUD dalam Perspektif Peluang dan Tantangan. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:198860012

Kurniawan, S. V., Perdinanto, P., & Basuki, S. (2022). Minat Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK dalam Masa Pandemi Covid – 19. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:253475959

Lestari, S. D., & Puspitasari, I. (2021). Aktivitas Permainan Estafet Bola Modifikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:237868627

Mulyanto, F. D., Safitri, D. N., Washifah, A. R., & Lutfiah, N. (2022). Efektivitas Kelompok Bermain Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:254436312

Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:244851209

Rini, K. S. (2021). Penerapan Metode Bermain Kartu Soal Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Matematika Bagi Siswa Kelas VI SDN 4 Tunggulrejo Gabus Grobogan. Wawasan Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:240046272

Saputra, M. S., Hasmunir, H., & Amri, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X is Man 3 Banda Aceh. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:146099578

Sardiyanah, S. (2020). Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:226000211




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i2.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.