Pengaruh Implementasi Permainan Mission Puzzle Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa

F. Fathurrahmaniah, E. Ewisahrani, Rizcky Juliawan

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental yang menggunakan pre-test dan post-test group design. Dengan tujuan mengetahui pengaruh implementasi permainan mission puzzle terhadap prestasi  dan motivasi belajar siswa kelas IV SDN  02 Sila tahun ajaran 20017/2018. Populasi pada penelitian ini sebanyak 20 siswa, Instrumen pada penelitian ini validitas, veliabilitas, tingkat kesukaran, daya Beda, dan fungsi pengecoh. Untuk mengetahui prestasi belajar dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa menggunakan rumus product moment dan motivasi belajar siswa menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan Hasil uji-t diperoleh nilai t = 4,234 dan jika dikonsultasikan pada tabel dengan nilai t pada taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikansi 5% (db =41), didapat harga t=1,632. Jadi dapat dinyatakan bahwa t = 4,234 > t = 1,632 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa permainan mission puzzle sebagai media pembelajaran berpengaruh dalam peningkatan prestasi (pengetahuan) sains (fisika) siswa kelas IV SDN 02 Sila tahun ajaran 2017/2018. Dari data angket diperoleh rata-rata 28,89% siswa berpendapat bahwa kemampuan mereka dalam mengingat dan memahami mata pelajaran IPA (butir 1 dan 2) sangat baik, 54,44% berpendapat baik, dan 15,56% berpendapat cukup, sehingga hal ini berpengaruh terhadap motivasi mereka dalam belajar IPA diperoleh 37,78% siswa berpendapat sangat baik, 35,56% baik, dan 24,44% cukup

Keywords


Mission Puzzle, Prestasi dan Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, A. (2014). Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2005). Materi Latihan Terintegrasi (Pendekatan Pembelajaran Matematika). Jakarta: Depdiknas

Hidayati, Nurul. (2014). Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas I-A SMPN 15 Mataram Tahun Pelajaran 2003/2004. Skripsi SI Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Khamim, dkk. (2016). Sains Untuk SD/MI Kelas IV. Semarang: Aneka Ilmu

Andriani (2006) Pengembangan LKS media Puzzle materi IPA. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 34-41.

Kurniati, M. (2005). Pengaruh Penggunaan Buku Saku Sains Fisika Untuk Model Pembelajaran Suplemen Terhadap Prestasi Belajar IPA (fisika) Pada Siswa Kelas V SDN 1 Tamansari Kec. Gunung Sari Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi SI Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Nurkencana. (1990). Evaluasi Pendidikan. Jkarata: Usaha Offset Printing Rokhmat, J. 2007. Pengembangan Permainan Puzzle untuk Media Pembelajaran IPA Fisika di SD Sebagai Pendukung Program-Program Taman Edukatif. Pijar MIPA: 37-46

Sari. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Slavin, Robert E. (2011). Cooperatif Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.