ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDN 16 MANGGELEWA
Abstract
Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Dalam pembelajaran matematika, jika siswa mengalami kesulitan belajar dianggap sebagai sebuah hal yang biasa dan sudah realita umumnya seperti itu. Hal ini disebabkan karena matematika merupakan pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran tematik siswa kelas V SDN 16 Manggelewa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar siswa SDN 16 Manggelewa berada pada kategori sedang, artinya hanya mengalami kesulitan pada materi. Sedangkan kesulitan pada pembelajaran tematik khususnya dalam menulis dan berhitung. Faktor internal yang mempengaruhi antara lain: motivasi atau cita-cita, lingkungan keluarga dan sekolah. Solusi yang diberikan membuat kelompok belajar, memberikan pelajaran tambahan, memberikan motivasi sekaligus nasehat dan memberikan cara untuk menghitung cepat yang menyenangkan.Abstrak harus ditulis secara singkat dan faktual.
Keywords
Kesulitan belajar, Pembelajaran tematik
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Tri. 2022. Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.9 (2), hal 112-119
Azzahra, Mutia. Amalya, Nurrohmatul. 2022. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas vol.8 (3) hal. 851-859
Maria Ulfa, Sartika. Trisiana, Anita. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Tematik Integratif Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Suruh. Jurnal Sinektik. Vol.2 (1) hal. 37-47
Sunarsi, Sri. 2020. Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik. Jurnal Revolusi Pendidikan vol.3 (1) hal. 63-71
Westwod, 2013. Kesulitan Belajar: Tematik Secara Spesifik. Jakarta: Yayasan Penamasan Murni
DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i1.156
Refbacks
- There are currently no refbacks.