Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD Diintegrasikan dengan Media Pasang Kartu pada Papan untuk Melatih Pemahaman Konsep Siswa

Azra Fauzi, Lisda Ramdhani, H. Hermasyah

Abstract


Pasang kartu pada papan dalam setting pembelajaran kooperatif untuk melatih pemahaman konsep. Data hasil penelitian meliputi: (1) Validitas perangkat pembelajaran dengan hasil penilaian dari validator terdiri dari Silabus, RPP, BAS, LKS,  THB, dan  Media  dengan  kategori valid;  (2)  Kepraktisan  perangkat  pembelajaran  dengan  hasil pengamatan dari pengamat terdiri dari Keterlaksanaan RPP dengan kategori sangat baik dan kendala- kendala yang muncul selama pembelajaran di kelas. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran yaitu semua siswa tuntas dalam pemahaman konsep dan semua siswa tuntas dalam keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika yang mengintegrasikan media pasang kartu pada papan dalam setting pembelajaran kooperatif untuk melatih pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi layak digunakan.


Keywords


Kartu pada Papan, Pembelajaran Kooperatif & Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2001). Exploring teaching: An introduction to education. McGraw-Hill.

BSNP. (2015). Buletin BSNP Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan. Vol. X/No. 3/September 2015. ISSN: 0126-4605

Depdiknas. (2006). Keterampilan Proses Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Felder, Richard M. (2015). Cooperative Learning. Department of Chemical Engineering, N.C. State University, Raleigh, NC 27695-7905 2Education Designs, Inc., Cary, NC 27518

Gagne, R. M. (1977). The Condition of Learning Third Edition. Canada: Holt, Rinehart and Winston.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ibrahim, M. dkk. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Universitas Surabaya.

Lunenberg, Fred C. (2010). “Communication: The Process, Barriers, And Improving Effectiveness”. Sam Houston State University Schooling Volume 1, Number1, 2010

Mayer, R. E. (2002). Rote versus meaningful learning. Theory into practice, 41(4), 226-232.

Muharom, T. (2014). Pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209691.

Nur, Mohamad. (2008). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran Edisi 5. Pusat Sains dan Matematika Sekolah: Universitas Negeri Surabaya.

Nur. Mohamad. (2011). Model Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Matematika Sekolah: Universitas Negeri Surabaya.

Ratumanan, G.T. dan T, Laurens. (2006). Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan Dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: UNESA Press.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperatif Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v1i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.