faktor penyebab kurangnya minat baca kelas II di SDN O05 Baringin

Regina Putri, Safrizal Safrizal, Elis Komalasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya minat siswa terhadap sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang membangkitkan minat baca siswa kelas II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas 2 yang berada di kelas 2, siswa kelas 2 di kelas tersebut berjumlah 15 orang, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Petunjuk wawancara, catatan lapangan dan penggunaan kamera handphone untuk dokumentasi merupakan alat penting dalam pelaksanaannya. Dalam proses pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dan informasi dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan inferensi. Untuk memastikan keakuratan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya defisit literasi pada siswa kelas 2 adalah kurangnya membaca buku dan sebagian siswa tidak memahami alfabet. Terdapat pula faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa yaitu faktor lingkungan keluarga Di tengah Ruka, sebaiknya orang tua meluangkan waktu untuk membaca buku bersama anaknya, agar orang tua dapat memberi contoh dan menguatkan kreativitas membaca anaknya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i1.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.