Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Perubahan Iklim

Eva Nursaban, Nurul Istiqomah, Dodo Susanto

Abstract


Penelitan ini adalah penelitan penerapan model kooperatif tipe TTW dengan tujuan untuk melatih keterampilan komunikasi  siswa kelas VI SDN 1 Nunggi Kecamata Wera Kabupaten Bima NTB. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah one group pretest-posttest design. Perangkat pembelajan yang digunakan pada penelitan ini terdiri atas; RPP, LKS, Buku Ajar dan Instrumen kemampuan komunikasi yang sudah di validasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas, tes penilaian keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP terlaksana dan berada pada interval 3,5., persentase aktivitas siswa sudah sesuai, siswa memberikan respon posistif serta sangat antusias untuk mengikutinya, sedangkan keterampilan berkomunikasi siswa meningkat setelah perlakuan  dengan hasil pretest sebesar 35,3 berada pada kategori kurang baik, postest 92,64 berada pada kategori sangat baik siswa, artinya pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW efektif digunakan untuk melatih keterampilan komunikasi siswa pada materi perubahan iklim.


Keywords


Kooperatif Tipe TTW & Keterampilan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. dan Alwasilah, S. S. (2007). Pokoknya Menulis. Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat.

Arends, R. L. (2012). Learning to Teach. Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Incorporation.

Dewanti, A. (2015). Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Mengenal Bagian-Bagian Tumbuhan Bagi Siswa Tunanetra. Universitas Negeri Surabaya.

Hasanah, U. (2014). Improving The Understanding of Matematical Concepts Write Learning Strategy. A Study in Second Year Junior High School. Proceeding The 3Rd International Collegium of Research in Education. ISBN 978-602-73404-1-1.

Huinker, D., and Laughlin, C. (1996). Talk Your Way into Writing. In. P.C. Elliot and M.J. Kennedy (Eds) Years. Communication in Mathematics K-12 and Beyond. USA:NCTM. Retrivied from http://eric.ed.gov/?id= ED398069.

Husnan, (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Keyton, J. (2011). Communication and organizational culture: A key to understanding work experience. Thousand Oaks: Sage Publication Incorporation.

Lunenburg, F.C. (2010). Communication: The Process, Barriers, and Improving Effectivenes. USA: Sam Houston University.

Mascle, D. (2013). Writing self-efficasy and written communication skills. Business Communication Quartely, 76 (2), 216-255.doi: 10.1177/1080569913480234.

Nur, M. (2008). Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontruktivisme dalam Pengajaran. Surabaya: PSMS Unesa.

Pozesky, D.R. (2010). Communication and Effective Teaching. Emerald Group Publishing Limited. ISSN: 2048-0458

Ramdhani, L., Fauzi, A., & Widia, W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ruang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 33-42.

Ratumanan, T.G. dan Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Surabaya: UNESA University Press.

Sarnita, F., Fitriani, A. & Widia (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Tuna Netra. Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 38-44.

Shoimin, A. (2014). 68 Metode Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Jakarta: Ar-Ruz Media.

Suparno dan Yunus, M. (2011). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tuckman, B.W., (1999). Conducting Educational Research .New York: Harcourt Brace Jovanovich.

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 467-473.

Wrench, J.S., Richmond, V.P., Gorham, J. (2005).Communication, Affect and Learning in the Classroom. California: Creative Common.

Yamin, M. dan Ansari, B.I. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.