Perbedaan Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SD Melalui Model Learning Cycle

Sri Suryaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui model Learning Cycle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent Pretest and Posttest Control-Group Design. Sampel dalam penelitian yaitu 45 siswa kelas IV SD yang terdiri dari 22 siswa di kelas eksperimen dan 23 siswa di kelas kontrol. Instrument pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif sebanyak 20 butir soal yang sudah memenuhi uji persyaratan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan uji daya beda soal. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 10,972 sedangkan ttabel = 2,015 pada taraf signifikansi 5%, sehingga 10,972 > 2,015, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa di kelas eksperimen menggunakan model Learning Cycledan di kelas kontrol dengan model konvensional. 


Keywords


Model Learning Cycle & Hasil Belajar Kognitif IPA

Full Text:

PDF

References


Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.

Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 25–36. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.882

Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691

Lapono, N. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional.

Mustika, D. (2017). Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Handayani, 7(2), 1–10.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

OECD. (2019). PISA 2018 Released FT and MS Reading Literacy Items PISA 2018 Released Field Trial and Main Survey New Reading Items. October.

Suryaningsih, S., Ngabekti, S., & Yusuf, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah, 5(3), 484–495. http://103.76.50.195/JIKAP/article/view/22836

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana.

Wibowo, P. N., Budiman, M. A., & Subekti, E. E. (2020). Keefektifan Model Learning Cycle Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25013

Wulandari, N. I., Wijayanti, A., & Budhi, W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 51–55. https://doi.org/10.29303/ jpm.v13i1.538

Yuliati, Y. (2015). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 58–67. https://doi.org/10.1145/3452144.3452248




DOI: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v3i01.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.