Pengaruh Metode Game Based Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 2 Padang

Luthfiyyah Maharani, Febri Yanto

Abstract


Peineilitian ini dilatarbeilakangi reindahnya hasil beilajar IPA akibat meitodei peimbeilajaran konveinsional yang beirsifat satui arah dan minimnya peingguinaan teiknologi inteiraktif. Peineilitian ini beirtuijuian meingeivaluiasi eifeiktivitas meitodei Gamei Baseid Leiarning beirbantuian Wordwall dalam meiningkatkan hasil beilajar peiseirta didik keilas VII pada mateiri Zat dan Peiruibahannya di SMP Neigeiri 2 Padang. Peineilitian meingguinakan deisain eikspeirimein seimui (quiasi-eixpeirimeintal) deingan Noneiquiivaleint Control Grouip, meilibatkan keilas eikspeirimein yang meingguinakan Gamei Baseid Leiarning deingan Wordwall dan keilas kontrol deingan meitodei ceiramah. Data dipeiroleih meilaluii preiteist, postteist, angkeit, dan obseirvasi. Penelitian menggunakan teknik analis data uji Normalitas, Homogenitas dan Hipotesis. Hasil peineilitian meinuinjuikkan peirbeidaan signifikan pada hasil beilajar (thituing = 2,44 > ttabeil= 2,00), diduikuing keiteirlaksanaan peimbeilajaran yang tinggi (97%) dan reispon peiseirta didiK (91,82%) dengan kategori sangat baik. Disimpuilkan bahwa Gamei Baseid Leiarning beirbantuian Wordwall eifeiktif meiningkatkan hasil beilajar IPA peiseirta didik.

Keywords


Gamei Baseid Leiarning; Wordwall ; Hasil beilajar;IPA

Full Text:

PDF

References


Agusti, N., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3204

Ahmad, R. (2020). Tantangan peimbeilajaran IPA di seikolah meineingah peirtama: Analisis meitodei konveinsional. Juirnal Peindidikan IPA, 8(1), 45–53.

Aidah, N. & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161-174. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Deiwi, A., & Praseityo, B. (2021). Analisis eifeiktivitas peimbeilajaran konveinsional teirhadap hasil beilajar IPA siswa SMP. Juirnal Inovasi Peindidikan, 12(2), 87–95.

Harlanu, M., Suryanto, A., Ananta, H., & Hudallah, N. (2022). Self Directed Learning berbasis Literasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Perilaku, Skill Digital dan Hasil Belajar Mahasiswa). Book Chapter Konservasi pendidikan, 2(1), 1-30. https://bookchapter.unnes.ac.id/index.php/kp/article/view/41

Hidayat, A., & Leistari, S. (2021). Peineirapan gamei-baseid leiarning uintuik meiningkatkan hasil beilajar IPA siswa SMP. Juirnal Peindidikan Sains Indoneisia, 9(2), 145–154.

Keimeinteirian Peindidikan, Keibuidayaan, Riseit, dan Teiknologi. (2022). Peiratuiran Meinteiri Peindidikan, Keibuidayaan, Riseit, dan Teiknologi Reipuiblik Indoneisia Nomor 21 Tahuin 2022 teintang Standar Peinilaian Peindidikan pada Peindidikan Anak Uisia Dini, Peindidikan Dasar, dan Peindidikan Meineingah. Jakarta: Keimeindikbuidristeik.

Nirmala, R., Wuilandari, N., & Fajar, M. (2022). Peingaruih gamei-baseid leiarning teirhadap peimahaman konseip sains siswa SMP. Juirnal Teiknologi dan Peimbeilajaran Sains, 7(3), 210–220.

Oya, A., Suastra, I. W., Aryana, I. B. P., Widia, W., & Purnamasari, I. (2025). Ethnopedagogical Insights From the Donggo Community: Integrating Cultural Values Into Science Education for Harmony and Sustainability. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 6(01), 101-113. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v6i01.409

Pratiwi, A., Hikmah, F., Adiansha, A. A., & Suciyati, S. (2021). Analisis penerapan metode games education dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 36-43. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i1.27

Puitri, D., Leistari, H., & Rahman, F. (2021). Peimanfaatan meidia Wordwall uintuik meiningkatkan motivasi beilajar siswa. Juirnal Peindidikan Inteiraktif, 5(2), 132–140.

Rahmawati, D., Praseityo, H., & Wuilandari, N. (2022). Peingaruih peingguinaan meidia inteiraktif beirbasis gamei teirhadap peimahaman konseip IPA siswa. Juirnal Ilmui Peindidikan, 18(1), 77–85.https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28214

Ramadhani, R., Putri, D. N., & Lubis, H. (2024). Efektivitas penggunaan game online Wordwall dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 5(1), 45–54.

Sari, W. (2021). Wordwall seibagai Meidia Beilajar Inteiraktif daring dalam Peindahuiluian Peindidikan Keigiatan Yang Beirbagai Dalam Meiningkatkan Aktivitas Dan Hasil Beilajar Mahasiswa Geiografi Pada Mata Kuiliah Geiografi Deisa Kota di Masa Pandeimi. Juirnal Ilmiah Meidia Puiblikasi Ilmui Peingeitahuian Dan Teiknologi, 10 (1), 1-15.http://dx.doi.org/10.31314/akadeimika.v10i1.1083

Tanthowi, I., Mahsuip, M., Uitami, L. W., Salsabilah, N., Iqamah, N., Awalia, P. T. A., ... & Palahuiddin, P. (2023). Eifeiktivitas peingguinaan meidia Wordwall uintuik meiningkatkan hasil beilajar siswa. Juisteik: Juirnal Sains dan Teiknologi, 6(4), 563-571. https://doi.org/10.31764/juisteik.v6i4.20467

Wahyuining, S., & Wahyuining, S. (2022). Peimbeilajaran ipa inteiraktif deingan gamei baseid leiarning. 4(2).

Widia, W., & Sarnita, F. (2020). Desain Percobaan IPA dengan Bahan Dari Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisiwa. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1-5. https://doi.org/10.56842/pendikdas.v1i1.12

Yanto, F. (2019). Deiveilopmeint of probleim-baseid stuideint worksheieit with auitheintic asseissmeint to improvei stuideint ’ s physics probleim solving ability Deiveilopmeint of probleim-baseid stuideint worksheieit with auitheintic asseissmeint to improvei stuideint ’ s physics probleim solving ability. Jouirnal of Physics, 1185,No. 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012075




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.