Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan PhET Simulations Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 34 Padang

Della Miftahul Rezki, Febri Yanto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang diterapkan guru sudah student centere namun belum efektif karena siswa masih cenderung pasif, kesulitan memahami materi yang berkaitan dengan rumus dan hitungan, serta guru belum optimal memanfaatkan teknologi. Maka diperlukan inovasi pembelajaran memanfaatkan teknologi, yaitu penerapan model PBL berbantuan PhET Simulations. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model PBL Berbantuan PhET Simulations terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIII.B kelas kontrol dengan model PBL, dan VIII.C kelas eksperimen dengan PBL berbantuan PhET Simulations. Instrumen meliputi tes uraian pretest-posttest, lembar observasi keterlaksanaan, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas, uji parametrik menggunakan uji t dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa, lembar observasi keterlaksanaan model PBL berbantuan PhET Simulations diperoleh 97.5% dengan keterlaksanaan sangat baik dan angket respon siswa diperoleh 87.15 % dengan kategori sangat baik. Uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel diperoleh 4.12 > 2.00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL berbantuan PhET Simulations terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 34 Padang.


Keywords


Problem Based Learning; Phet Simulations; Critical Thinking Skills.

Full Text:

PDF

References


Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A. M., & Mursidin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137–142. https://doi.org/10.53696/27214834.66.

Alfiah, S., & Dwikoranto, D. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual PhET Untuk Meningkatkan HOTs Siswa SMAL. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 9–18. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.11494

Arif, K., Rusma, O. R., Efna, H. N., Sari, D. N., & Jafreli, S. (2024). Impact of Problem-Based Learning Models with a Contextual Approach on the Learning Competence of Students in Junior High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(1), 124–132. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i1.5686

Fina, I. D., Mustaji, M., & Dewi, U. (2023). Analisis Kebutuhan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terhadap Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. Oryza ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 12(2), 173–181. https://doi.org/10.33627/oz.v2i2.1379

Haratua, C. S., Ismawati, I., Putri, S. S., Jl, A., Raya, N., Rw, R. T., Barat, T., Jagakarsa, K., & Selatan, K. J. (2024). Strategi Pembelaljaran IPA pada Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning ( JPBL ) Universitas Indraprasta PGRI , Indonesia. 3.

Kollo, N., & Suciptaningsih, O. AL. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Kurikulum Merdekal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1452–1456. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3845

Khalifatus Sakdiyah, Hartanto, T. J., & Mustika, M. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Listrik Statis. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 35–40. https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i1.12547

Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdekal Implikasinya Balgi Siswal Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2022(2), 408–423.

Laratu, W., Mansyur, J., Wahyono, U., Haeruddin, Gustina, Djafar, S. M., Laratu, I. N., Samara, D., & Fikri. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa SMP Negeri Model Terbaru Madani. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 1219–1223. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.4132

Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda, W. (2021). Penggunaan Simulasi Phet Terhadap Efektifitas Belajar Ipa. Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227–236.

Nadiyah, D., Leksono, S. M., & Resti, V. D. A. (2022). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Benda Di Sekitar Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. PENDIPA Journal of Science Educaltion, 6(3), 764–772. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.764-772

Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Pada Materi Pokok Listrik Statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.13

Purnama, U. (2024). Analisis Pembelajaran IPA pada Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran di SMP Negeri 1 Bua Ponrang. 13(2), 1–8. https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.3968

Rohmawati, L., Wulandari, R., & Wulandari, F. E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Media Simulasi Phet Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pesawat Sederhana. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 14(1), 1–15. https://dx.doi.org/10.20527/quantum.v14i1.14458

Sausan, T., Haryadi, N. R. S., & Sugiar, H. (2023). Kompetensi Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran di Era Industry 5.0. Gunung Djati Conference Series, 31, 62–70.

Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z's critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85-88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Sutrisna, N., & Sasmita, P. R. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 5(2), 34–39. https://doi.org/10.31539/spej.v5i2.3849

Tambunan, A. F., Husein , R., & Widiasih, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Phet Simulation Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Listrik Dinamis Siswa Di Smp Negeri 7 Tarutung. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 3(2), 93–97. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v3i2.2543

Turmuzi, M., Sarjana, K., & Junaidi, J. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Perkuliahan Geometri Bilangan Kompleks Dengan Discovery Learning Dipadukan Dengan Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together). Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(2), 149–160. https://doi.org/10.29303/jm.v3i2.1521

Utami, M. P., Putra, P. D. A., & Wahyuni, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis PhET Simulation pada Materi Tekanan Zat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika, 7(1), 1-4. https://doi.org/10.33627/ge.v7i1.1150

Yanto, F., Festiyed, F., & Enjoni, E. (2021). Problem Based Learning Model For Increasing Problem Solving Skills In Physics Learning. JIPF (Jurnall Ilmu Pendidikaln Fisikal), 6(1), 53. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1870

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Science Education National Conference, 13(2), 1–10.

Zulianti, W. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Phet Simulation Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 5(3), 133-147. https://doi.org/10.1234/uniedu.v5i3.158




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.