Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Lab Olabs dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Ladiva Zahirah Adha, Febri Yanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi keterbatasan laboratorium nyata di sekolah yang menyebabkan peserta didik jarang memperoleh pengalaman praktikum langsung sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan media pembelajaran virtual lab dengan model Problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan virtual lab berbasis PBL terhadap hasil belajar peserta didik SMP pada materi sistem pencernaan dan sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, di mana kelas VIII.1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan penggunaan virtual lab, sedangkan VIII.2 sebagai kelas kontrol tanpa virtual lab. Instrumen penelitian terdiri atas tes pretest-posttest, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji t dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan virtual lab berbasis PBL mencapai 95% kategori sangat baik dan respon peserta didik sebesar 92,93% kategori sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh Thitung = 2,306 > Ttabel = 2,00 sehingga H? ditolak dan H? diterima. Dengan demikian, penggunaan virtual lab berbasis PBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik SMP.

Keywords


Virtual Lab; Problem-Based Learning; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Alfiah, S., & Dwikoranto, D. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual PhET Untuk Meningkatkan HOTs Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 9–18. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.11494

Putri, D., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Hanikah, H., Mutiara, H., Utami, G. N., Hanifah, H., Rohmawati, I., & Siregar, I. J. S. (2025). Phet Virtual Simulation Training To Improve Teacher Competence At Smpn 1 Plered. Soscied, 8(1), 107–115.

Haryanti, I., Kurniawati, Y., & Lubis, F. H. (2023). Penerapan Virtual Laboratory Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Kimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(1), 42. https://doi.org/10.24014/jcei.v2i1.21771

Karvandi, M. K., Ibrahim, M., Nafi’ah, N., & Hidayat, M. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 981–990. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.832

Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24419

Munarun, A. (2025). Analisis Penyajian Sintaks Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 2711–2720. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1940

Ratno, S., Amelia, F. R., Siagian, A. N., Dongoran, I. K., Pandiangan, L. L., Nasution, R. K., & Br, R. P. (2024). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 060912 Medan Denai. Pendidikan Motivasi, 2(2)(Oktober), 1–8.

Rihi, S. P. P., & Bano, V. O. (2022). Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14(2), 183–188. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.5753

Suarni, Husain, H., & Salempa, P. (2022). Pengaruh Pengaruh Media Virtual Labs Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 32–37. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.05

Supartama, I. N. W., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2023). Analisis Motivasi Belajar IPA pada Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 6(2), 194–205. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/69806

Wahyuningsih, Nurhaedah, & Amir, A. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. Pinisi: Jurnal of Teacher Professional, 3(3), 738–744. https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Xie, H., Wang, L., Pang, Z., Chen, S., Xu, G., & Wang, S. (2022). Application of problem-based learning combined with a virtual simulation training platform in clinical biochemistry teaching during the COVID-19 pandemic. Frontiers in Medicine, 9. https://doi.org/10.3389/fmed.2022.985128

Yanto, F., & Enjoni, E. (2022). Praktikalitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Kompetensi Abad 21 Siswa pada Materi Dinamika Gerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 469. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5330




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.