Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Lab Olabs dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiah, S., & Dwikoranto, D. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual PhET Untuk Meningkatkan HOTs Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 9–18. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.11494
Putri, D., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64
Hanikah, H., Mutiara, H., Utami, G. N., Hanifah, H., Rohmawati, I., & Siregar, I. J. S. (2025). Phet Virtual Simulation Training To Improve Teacher Competence At Smpn 1 Plered. Soscied, 8(1), 107–115.
Haryanti, I., Kurniawati, Y., & Lubis, F. H. (2023). Penerapan Virtual Laboratory Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Kimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(1), 42. https://doi.org/10.24014/jcei.v2i1.21771
Karvandi, M. K., Ibrahim, M., Nafi’ah, N., & Hidayat, M. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 981–990. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.832
Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24419
Munarun, A. (2025). Analisis Penyajian Sintaks Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 2711–2720. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1940
Ratno, S., Amelia, F. R., Siagian, A. N., Dongoran, I. K., Pandiangan, L. L., Nasution, R. K., & Br, R. P. (2024). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 060912 Medan Denai. Pendidikan Motivasi, 2(2)(Oktober), 1–8.
Rihi, S. P. P., & Bano, V. O. (2022). Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14(2), 183–188. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.5753
Suarni, Husain, H., & Salempa, P. (2022). Pengaruh Pengaruh Media Virtual Labs Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 32–37. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.05
Supartama, I. N. W., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2023). Analisis Motivasi Belajar IPA pada Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 6(2), 194–205. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/69806
Wahyuningsih, Nurhaedah, & Amir, A. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. Pinisi: Jurnal of Teacher Professional, 3(3), 738–744. https://ojs.unm.ac.id/TPJ
Xie, H., Wang, L., Pang, Z., Chen, S., Xu, G., & Wang, S. (2022). Application of problem-based learning combined with a virtual simulation training platform in clinical biochemistry teaching during the COVID-19 pandemic. Frontiers in Medicine, 9. https://doi.org/10.3389/fmed.2022.985128
Yanto, F., & Enjoni, E. (2022). Praktikalitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Kompetensi Abad 21 Siswa pada Materi Dinamika Gerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 469. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5330
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.698
Refbacks
- There are currently no refbacks.