Profil Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka: Ditinjau Dari Akses, Analisis, Kreasi, dan Etika

Nurdin Nurdin, Widia Widia, Jessy Parmawati Atmaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan memetakan profil literasi digital siswa kelas V SD Negeri Sanolo berdasarkan empat dimensi UNESCO, yaitu akses, analisis, kreasi, dan etika, dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain survei cross-sectional terhadap 20 siswa sebagai responden melalui teknik total sampling. Instrumen berupa angket skala Likert empat poin yang terdiri dari 24 butir pernyataan terdistribusi ke empat dimensi literasi digital. Data dianalisis dengan menghitung skor rata-rata dan mengkategorikannya menjadi tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor literasi digital sebesar 78,23 (kategori sedang), dengan 66,7% siswa berada pada kategori sedang dan 33,3% kategori tinggi. Dimensi akses memperoleh skor tertinggi (92,22%), diikuti etika (89,31%), sedangkan dimensi analisis (65,56%) dan kreasi (65,83%) berada pada kategori sedang. Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa memiliki kemampuan baik dalam mengoperasikan perangkat, mengakses informasi, dan menjaga etika digital, namun masih memerlukan penguatan dalam keterampilan berpikir kritis dan kreasi konten digital. Rekomendasi penelitian menekankan integrasi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan dimensi analisis dan kreasi, penyediaan fasilitas pendukung, serta pelatihan literasi digital bagi guru.

Keywords


Digital Literacy; Merdeka Curriculum; Elementary School Students; UNESCO Dimensions

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. M. D. M., Mahendra, K. A., & Raza, S. M. (2023). The importance of green education in primary, secondary and higher education: A review. Journal of Environment and Sustainability Education, 1(2), 42-49.

Alakrash, H. M., & Razak, N. A. (2021). Technology-based language learning: Investigation of digital technology and digital literacy. Sustainability, 13(21), 12304. https://doi.org/10.3390/su132112304

Aliyah, S. R., & Sapitri, E. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa MTS Darul Ihsan Anggana Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Syntax Admiration, 5(10), 4164-4173. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i10.1693

Anthonysamy, L., Koo, A. C., & Hew, S. H. (2020). Self-regulated learning strategies in higher education: Fostering digital literacy for sustainable lifelong learning. Education and Information Technologies, 25(4), 2393-2414.

Ariyana, A. (2023). Keterampilan dasar mengajar mahasiswa pada kurikulum merdeka. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 21-30. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8125

Bajuri, D., & Permana, U. (2023). Self-Regulated Learning Mahasiswa Adminitrasi Publik dan Hubungannya Dengan Digital Literacy Skills. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 865-873. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4499

Bupu, M. C., Gaba, M. D. N., & Gelu, A. (2025). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(01), 48-52. https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.458

Dianah, L., & Tetep, T. (2024). Media Literacy and The Prevention of Fake News among Students. Jurnal Pendidikan Progresif, 14(1), 595-606. https://doi.org/10.23960/jpp.v14.i1.202443

Ewisahrani, E., Widia, W., Fathurrahmaniah, F., Arwan, A., Haris, A., & Islamiah, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 50-53. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.6

Fadlillah, M., Rahman, B., Istiq’Faroh, N., Emilda, A. F., & Rahmawati, D. (2023). Analisis bahan ajar berwawasan agraris untuk pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1118-1127. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6356

Gilster, P. (1997). Digital literacy. New York: Wiley.

Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis kemampuan literasi digital guru PAUD pada masa pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759-3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657

Ismail, F., Tan, E., Rudolph, J., Crawford, J., & Tan, S. (2023). Artificial intelligence in higher education. A protocol paper for a systematic literature review. Journal of Applied Learning and Teaching, 6(2), 56-63. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.2.34

Kamaluddin, K., Sarnita, F., & Setiyadi, M. W. (2024). Literatur Review: Peran Guru Penggerak Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Belajar. Empiricism Journal, 5(1), 18-27.

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2021, November). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENSIKDA-3) (Vol. 3, No. 1, pp. 155-164).

Nikmah, S., Istyadji, M., & Sari, M. M. (2023). Analysis of implementation of the merdeka curriculum in science learning at SMP Negeri 4 Hulu Sungai Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7339-7345. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.3807

Nurazka, R. A., Fitriasari, N. S., & Widjayatri, R. D. (2022). Pengembangan Aplikasi Giat Bergerak sebagai Desain Pembelajaran Abad 21 bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 242-252. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.356

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0: Kajian dari perspektif pembelajaran matematika. Jurnal tatsqif, 16(1), 42-54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Quraishi, T., Hakimi, N., Hakimi, M., Safi, M., Akrami, F., Akrami, M., & Nejrabi, Z. (2024). Exploring the enhancement of educational systems through information and communication technology: An investigative study. Journal of Social and Humanities, 2(1), 21-30. https://doi.org/10.59535/jsh.v2i1.218

Riady, Y. (2021). Gerakan literasi digital: Pelatihan akses internet dan komputer bagi guru di kabupaten karawang. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 53-60. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.124

Rohmani, R., & Pambudi, N. (2023). A critical review of educational games as a tool for strengthening digital literacy. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 4(5), 1483-1493. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.05.10

Safitri, F., Ramlah, R., Sandy, W., & Siregar, A. C. (2025). Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sarnita, F., Fitriani, A., Utama, J. A., & Suwarma, I. R. (2021, March). Application of STEM-based online learning to train creative skills of students in covid-19 pandemic periods. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012039). IOP Publishing.

Sindar, A., Sitio, A. S., Ginting, F., & Ramen, S. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Peningkatan Skill Pemrograman. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 59-68.

Sipahutar, R. S., Basri, A., & Sari, S. P. (2023). Penggunaan Media Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Materi Part Of Body Di Sekolah Nida Suksasat School Satun Thailand. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 12347-12361.

Sufrianto, A., Hidayat, M., & Syamsudin, I. (2022). Kompetensi literasi digital di era revolusi industri 4.0. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 9(1), 44–56.

Suharti, S., & Faidin, F. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasi Bidang Keahlian Informatika Untuk Menghadapi Dunia Kerja. INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(01), 10-18. https://doi.org/10.56842/infotika.v1i01.40

Sumarsih, S., Anwar, H., & Fadilah, N. (2022). Evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(2), 77–88.

Tungka, N. F. (2023). Peningkatan literasi digital guru SD melalui penerapan empat prinsip dasar penguasaan teknologi digital. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(03), 134-144. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i03.128

Wahyuningtyas, E. T., Hasanah, F., & Susesti, D. A. (2022). Dampak Motivasi Investasi, Persepsi Resiko, Literasi dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal: Keywords: Investment Motivation; Risk Perception; Financial Literacy; Financial Efficacy; Investment Interest. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 10(2), 57-66. https://doi.org/10.26740/akunesa.v10n2.p57-66

Wiguna, K. A. (2023). Analisis kompetensi literasi digital pada guru sekolah menengah atas. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 21-32.

Yuangga, K. D. (2023). Transformasi Digital dalam Pendidikan Ekonomi: Menyiapkan Generasi Muda untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4507-4517. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2410

Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603-2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729

Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi pendidikan digital 5.0 melalui integrasi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11-19.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.