Profil Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka: Ditinjau Dari Akses, Analisis, Kreasi, dan Etika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. M. D. M., Mahendra, K. A., & Raza, S. M. (2023). The importance of green education in primary, secondary and higher education: A review. Journal of Environment and Sustainability Education, 1(2), 42-49.
Alakrash, H. M., & Razak, N. A. (2021). Technology-based language learning: Investigation of digital technology and digital literacy. Sustainability, 13(21), 12304. https://doi.org/10.3390/su132112304
Aliyah, S. R., & Sapitri, E. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa MTS Darul Ihsan Anggana Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Syntax Admiration, 5(10), 4164-4173. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i10.1693
Anthonysamy, L., Koo, A. C., & Hew, S. H. (2020). Self-regulated learning strategies in higher education: Fostering digital literacy for sustainable lifelong learning. Education and Information Technologies, 25(4), 2393-2414.
Ariyana, A. (2023). Keterampilan dasar mengajar mahasiswa pada kurikulum merdeka. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 21-30. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8125
Bajuri, D., & Permana, U. (2023). Self-Regulated Learning Mahasiswa Adminitrasi Publik dan Hubungannya Dengan Digital Literacy Skills. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 865-873. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4499
Bupu, M. C., Gaba, M. D. N., & Gelu, A. (2025). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(01), 48-52. https://doi.org/10.56842/jpk.v2i01.458
Dianah, L., & Tetep, T. (2024). Media Literacy and The Prevention of Fake News among Students. Jurnal Pendidikan Progresif, 14(1), 595-606. https://doi.org/10.23960/jpp.v14.i1.202443
Ewisahrani, E., Widia, W., Fathurrahmaniah, F., Arwan, A., Haris, A., & Islamiah, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 50-53. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.6
Fadlillah, M., Rahman, B., Istiq’Faroh, N., Emilda, A. F., & Rahmawati, D. (2023). Analisis bahan ajar berwawasan agraris untuk pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1118-1127. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6356
Gilster, P. (1997). Digital literacy. New York: Wiley.
Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis kemampuan literasi digital guru PAUD pada masa pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759-3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657
Ismail, F., Tan, E., Rudolph, J., Crawford, J., & Tan, S. (2023). Artificial intelligence in higher education. A protocol paper for a systematic literature review. Journal of Applied Learning and Teaching, 6(2), 56-63. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.2.34
Kamaluddin, K., Sarnita, F., & Setiyadi, M. W. (2024). Literatur Review: Peran Guru Penggerak Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Belajar. Empiricism Journal, 5(1), 18-27.
Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2021, November). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENSIKDA-3) (Vol. 3, No. 1, pp. 155-164).
Nikmah, S., Istyadji, M., & Sari, M. M. (2023). Analysis of implementation of the merdeka curriculum in science learning at SMP Negeri 4 Hulu Sungai Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7339-7345. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.3807
Nurazka, R. A., Fitriasari, N. S., & Widjayatri, R. D. (2022). Pengembangan Aplikasi Giat Bergerak sebagai Desain Pembelajaran Abad 21 bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 242-252. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.356
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0: Kajian dari perspektif pembelajaran matematika. Jurnal tatsqif, 16(1), 42-54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Quraishi, T., Hakimi, N., Hakimi, M., Safi, M., Akrami, F., Akrami, M., & Nejrabi, Z. (2024). Exploring the enhancement of educational systems through information and communication technology: An investigative study. Journal of Social and Humanities, 2(1), 21-30. https://doi.org/10.59535/jsh.v2i1.218
Riady, Y. (2021). Gerakan literasi digital: Pelatihan akses internet dan komputer bagi guru di kabupaten karawang. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 53-60. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.124
Rohmani, R., & Pambudi, N. (2023). A critical review of educational games as a tool for strengthening digital literacy. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 4(5), 1483-1493. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.05.10
Safitri, F., Ramlah, R., Sandy, W., & Siregar, A. C. (2025). Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sarnita, F., Fitriani, A., Utama, J. A., & Suwarma, I. R. (2021, March). Application of STEM-based online learning to train creative skills of students in covid-19 pandemic periods. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012039). IOP Publishing.
Sindar, A., Sitio, A. S., Ginting, F., & Ramen, S. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Peningkatan Skill Pemrograman. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 59-68.
Sipahutar, R. S., Basri, A., & Sari, S. P. (2023). Penggunaan Media Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Materi Part Of Body Di Sekolah Nida Suksasat School Satun Thailand. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 12347-12361.
Sufrianto, A., Hidayat, M., & Syamsudin, I. (2022). Kompetensi literasi digital di era revolusi industri 4.0. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 9(1), 44–56.
Suharti, S., & Faidin, F. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasi Bidang Keahlian Informatika Untuk Menghadapi Dunia Kerja. INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(01), 10-18. https://doi.org/10.56842/infotika.v1i01.40
Sumarsih, S., Anwar, H., & Fadilah, N. (2022). Evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(2), 77–88.
Tungka, N. F. (2023). Peningkatan literasi digital guru SD melalui penerapan empat prinsip dasar penguasaan teknologi digital. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(03), 134-144. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i03.128
Wahyuningtyas, E. T., Hasanah, F., & Susesti, D. A. (2022). Dampak Motivasi Investasi, Persepsi Resiko, Literasi dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal: Keywords: Investment Motivation; Risk Perception; Financial Literacy; Financial Efficacy; Investment Interest. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 10(2), 57-66. https://doi.org/10.26740/akunesa.v10n2.p57-66
Wiguna, K. A. (2023). Analisis kompetensi literasi digital pada guru sekolah menengah atas. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 21-32.
Yuangga, K. D. (2023). Transformasi Digital dalam Pendidikan Ekonomi: Menyiapkan Generasi Muda untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4507-4517. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2410
Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603-2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729
Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi pendidikan digital 5.0 melalui integrasi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11-19.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.690
Refbacks
- There are currently no refbacks.