Integrasi Tradisi Rimpu dalam Pembelajaran Seni Budaya untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

Fatmawati Fatmawati, Azra Fauzi, Tri Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan tradisi Rimpu dalam pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar guna meningkatkan kreativitas siswa. Tradisi Rimpu merupakan salah satu warisan budaya dari masyarakat Bima-Dompu yang mengandung nilai estetika, etika, dan spiritual yang dalam. Pembelajaran berbasis tradisi ini diharapkan dapat merangsang kreativitas siswa dalam menggali ide dan ekspresi seni, sekaligus memperkenalkan mereka pada nilai-nilai budaya lokal. Penelitian ini dilakukan di SDN Inpres Rite, Kabupaten Bima, dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Rimpu dalam pembelajaran seni budaya efektif meningkatkan kreativitas siswa, dengan peningkatan signifikan pada dimensi fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas, yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, pembelajaran berbasis kearifan lokal seperti Rimpu dapat dijadikan model untuk meningkatkan kreativitas dan pelestarian budaya lokal di sekolah dasar.


Keywords


Tradisi Rimpu; Pembelajaran Seni Budaya; Kreativitas Siswa; Kearifan Lokal; Kurikulum Merdeka.

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. (2021). Kearifan lokal dan pendidikan karakter di era globalisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dewi, R. M. (2024). Metode Pembelajaran Kreatif untuk Guru Sekolah Dasar. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 292-298. https://doi.org/10.62159/jpt.v5i2.1568

Fahrurrozi, M. (2019). Nilai-nilai pendidikan Islam dalam budaya Rimpu masyarakat Bima. Jurnal Studi Agama dan Interdisipliner, 3(2), 145–162. https://journal.ar-raniry.ac.id/jsai/article/view/3310

Fahrurrozi, M., & Nurhayati, A. (2020). Religious values in local wisdom of Bima Rimpu regional culture according to the perspective of the Qur’an and tafsir. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/389483359_Religious_Values_In_Local_Wisdom_Of_Bima_Rimpu_Regional_Culture_According_To_The_Perspective_Of_The_Qur%27an_And_Tafsir

Guilford, J. P. (1950). Creativity: Retrospect and prospect. Psychological Bulletin, 47(1), 1-45. https://doi.org/10.1037/h0063487

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan implementasi kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Munawir, A. (2020). Integrasi pendidikan seni budaya dan kearifan lokal. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=PTVjEAAAQBAJ

Nurjannah, N., Rizaluddin, R., Junaidin, J., Nanda, P. Z., & Senyah, B. (2023). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Indonesia Berbasis Kearifan Lokal “Rimpu Tembe” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(3), 103-108. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i3.269

Nurjanah, N., & Srihilmawati, R. (2025). Revitalisasi bahasa, sastra, dan budaya Sunda melalui learningsundanese. com sebagai media digital pelestarian kearifan lokal. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 83-91. https://doi.org/10.51878/learning.v5i1.4436

Nurohman, M. A., Kurniawan, W., & Andrianto, D. (2024). Transformasi kurikulum pendidikan Islam berbasis kearifan lokal. Crossroad Research Journal, 1(4), 55-80. https://doi.org/10.61402/crj.v1i4.179

Rahman, A. (2017). Implementasi pendidikan berbasis kearifan lokal pada kurikulum sekolah dasar [Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/14416/

Torrance, E. P. (1974). Torrance Tests of Creative Thinking. Bensenville, IL: Scholastic Testing Service.

Widia, W., Soetjipto, S., Ibrahim, M., Sarnita, F., & Saifullah, S. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 5(1), 18-27. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i1.284

Wiliam, D. (2011). Embedded formative assessment. Bloomington, IN: Solution Tree Press.

Zulkarnaen, Z., Suhirman, S., Hidayat, S., Prayogi, S., Sarnita, F., Widia, W., ... & Verawati, N. N. S. P. (2022). The Effect of Problem Based Learning Model on Students' Creative Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 379-382. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1307




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.