Strategi Guru IPAS dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21

Yovita Irawati, Azra Fauzi, Tri Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran IPA & IPS  (IPAS) di SDN Sukamajudan menganalisis strategi yang diterapkan untuk mengatasi tantangan tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan angket yang disebarkan kepada 4 guru, 6 siswa, dan 2 wali siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi oleh guru di SDN Sukamajuadalah keterbatasan sumber daya pembelajaran, rendahnya motivasi siswa, dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Sebagai respons terhadap tantangan tersebut, guru di SDN Sukamajumenerapkan beberapa strategi, seperti penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, pendekatan pembelajaran berbasis konteks lokal, dan peningkatan komunikasi dengan orang tua. Meskipun terdapat beberapa hambatan, strategi yang diterapkan menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini menyarankan agar sekolah memperbaiki penyediaan sumber daya pembelajaran dan melibatkan lebih banyak orang tua dalam mendukung pembelajaran IPAS.

Keywords


Pembelajaran IPAS ; Tantangan Guru; Strategi Pembelajaran; Motivasi Siswa; Keterlibatan Orang Tua.

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2017). Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 54-62. https://doi.org/10.5678/jpi.v7i2.22345

Anderson, C. A., & Dill, K. E. (2000). Video games and aggressive thoughts, feelings, and behavior in the laboratory and in life. Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772–790. https://doi.org/10.1037/0022-3514.78.4.772

Arwan, A., Taufiqurrahman, M., Paramita, S., & Suryaningsih, S. (2025). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Bahasa Lokal: Pendekatan THK untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Bima. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 6(01), 132-139. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v6i01.366

Brown, J. S., & Duguid, P. (2000). The social life of information. Harvard Business Review Press.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The" what" and" why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01

Epstein, J. L. (2001). School, family, and community partnershIPAS: Preparing educators and improving schools. Westview Press.

Fauzi, A. (2023). Revitalisasi Pembelajaran Matematika Di Era Pasca Pandemi: Kajian Terhadap Perubahan Pola Interaksi Guru Dan Siswa. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(02), 27-32. https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i02.515

Hidayati, D. (2017). Memudarnya nilai kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 39-48. https://doi.org/10.14203/jki.v11i1.36

Miller, L. L., & Randel, J. (2002). Exploring media effects on student learning: A review of the literature. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 11(3), 255–277.

Rahmawati, D. (2019). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS . Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 4(1), 15-26. https://doi.org/10.1021/jpt.v4i1.11856

Salahuddin, M., & Yamin, M. (2021). Efektifitas media video pembelajaran matematika pada pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemi di STKIP Harapan Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).

Syarifuddin, S., Nufus, M. S., Sasoko, W. H., Zukhruf, A., Ramdan, F., Rosnani, R., & Kurnia, A. (2024). Analisis Tingkat Keterampilan Guru Sekolah Dasar di Kota Bima dalam Pengembangan Pembelajaran Berbasis Media Interaktif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 35-48.

Supriyadi, D., & Rahayu, S. (2019). Tantangan guru dalam pembelajaran di sekolah dasar: Studi kasus di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 24-35. https://doi.org/10.1234/jpd.v3i1.12345

Suryaningsih, S., & Ramdani, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD II Mahasiswa STKIP Harapan Bima. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 53-58.

Suwandi, A., & Sumadi, S. (2020). Efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 45-60. https://doi.org/10.5678/jpd.v4i3.22359

Uneng, S., Widia, W., & Ewisahrani, E. (2022). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi dan Daya Serap Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMPN 1 Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 3(1), 28-33. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i1.129

Utami, N. A. (2018). Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 54-62. https://doi.org/10.5678/jpi.v7i2.22345

Widodo, E. (2020). Pendidikan berbasis teknologi di sekolah dasar: Strategi pengembangan media pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(1), 22-30. https://doi.org/10.9012/jpt.v5i1.23456

Widia, W., Syahrir, S., & Sarnita, F. (2020). Berpikir Kreatif Merupakan Bagian Terpenting dalam Meningkatkan Life Skills di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 1-6. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.6

Yunita, S., & Wibowo, A. (2019). Pengembangan pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(2), 109-118. https://doi.org/10.1017/jpt.v3i2.11223




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.