Strategi Guru IPAS dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, S. (2017). Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 54-62. https://doi.org/10.5678/jpi.v7i2.22345
Anderson, C. A., & Dill, K. E. (2000). Video games and aggressive thoughts, feelings, and behavior in the laboratory and in life. Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772–790. https://doi.org/10.1037/0022-3514.78.4.772
Arwan, A., Taufiqurrahman, M., Paramita, S., & Suryaningsih, S. (2025). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Bahasa Lokal: Pendekatan THK untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Bima. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 6(01), 132-139. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v6i01.366
Brown, J. S., & Duguid, P. (2000). The social life of information. Harvard Business Review Press.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The" what" and" why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01
Epstein, J. L. (2001). School, family, and community partnershIPAS: Preparing educators and improving schools. Westview Press.
Fauzi, A. (2023). Revitalisasi Pembelajaran Matematika Di Era Pasca Pandemi: Kajian Terhadap Perubahan Pola Interaksi Guru Dan Siswa. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(02), 27-32. https://doi.org/10.56842/dikmat.v4i02.515
Hidayati, D. (2017). Memudarnya nilai kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 39-48. https://doi.org/10.14203/jki.v11i1.36
Miller, L. L., & Randel, J. (2002). Exploring media effects on student learning: A review of the literature. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 11(3), 255–277.
Rahmawati, D. (2019). Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS . Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 4(1), 15-26. https://doi.org/10.1021/jpt.v4i1.11856
Salahuddin, M., & Yamin, M. (2021). Efektifitas media video pembelajaran matematika pada pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemi di STKIP Harapan Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
Syarifuddin, S., Nufus, M. S., Sasoko, W. H., Zukhruf, A., Ramdan, F., Rosnani, R., & Kurnia, A. (2024). Analisis Tingkat Keterampilan Guru Sekolah Dasar di Kota Bima dalam Pengembangan Pembelajaran Berbasis Media Interaktif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 35-48.
Supriyadi, D., & Rahayu, S. (2019). Tantangan guru dalam pembelajaran di sekolah dasar: Studi kasus di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 24-35. https://doi.org/10.1234/jpd.v3i1.12345
Suryaningsih, S., & Ramdani, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD II Mahasiswa STKIP Harapan Bima. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 53-58.
Suwandi, A., & Sumadi, S. (2020). Efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 45-60. https://doi.org/10.5678/jpd.v4i3.22359
Uneng, S., Widia, W., & Ewisahrani, E. (2022). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi dan Daya Serap Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMPN 1 Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 3(1), 28-33. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v3i1.129
Utami, N. A. (2018). Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 54-62. https://doi.org/10.5678/jpi.v7i2.22345
Widodo, E. (2020). Pendidikan berbasis teknologi di sekolah dasar: Strategi pengembangan media pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(1), 22-30. https://doi.org/10.9012/jpt.v5i1.23456
Widia, W., Syahrir, S., & Sarnita, F. (2020). Berpikir Kreatif Merupakan Bagian Terpenting dalam Meningkatkan Life Skills di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 1-6. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.6
Yunita, S., & Wibowo, A. (2019). Pengembangan pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(2), 109-118. https://doi.org/10.1017/jpt.v3i2.11223
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.678
Refbacks
- There are currently no refbacks.