Profil Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka: Analisis Fenomena, Penyelidikan dan Interpretasi Data

Ike Nurjanah, Azra Fauzi, Widia Widia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil literasi sains siswa kelas V SD Negeri Inpres Sanolo berdasarkan tiga kompetensi utama kerangka PISA menjelaskan fenomena ilmiah, merancang/mengevaluasi penyelidikan ilmiah, dan menafsirkan data serta bukti ilmiah dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian menggunakan survei kuantitatif dengan desain deskriptif terhadap seluruh siswa kelas V melalui teknik total sampling. Instrumen berupa angket skala yang terdistribusi pada tiga kompetensi literasi sains. Data dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh skor rata-rata per indikator dan kategorisasi tingkat literasi (tinggi, sedang, rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains keseluruhan berada pada kategori sedang  dengan rata-rata 3,0. Indikator “menjelaskan fenomena ilmiah” memperoleh skor tertinggi (3,2) kategori tinggi, diikuti “menafsirkan data/bukti” dengan skor 3,0 (sedang), sedangkan “merancang penyelidikan ilmiah” dengan skor 2,7, dengan kategori sedang. Distribusi tingkat profil literasi sains siswa menunjukkan 10% siswa kategori tinggi, 70% sedang, dan 20% rendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemahaman konseptual siswa relatif baik, namun kemampuan proses ilmiah khususnya perancangan eksperimen perlu diperkuat. Rekomendasi menekankan pembelajaran berbasis inkuiri dan proyek kontekstual, pelatihan keterampilan berpikir ilmiah, serta dukungan sarana eksperimen sederhana di sekolah.

Keywords


Literasi Sains; Kurikulum Merdeka; Siswa Sekolah Dasar; Indikator PISA.

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., Zain, Z., & Nugroho, A. (2023). Pendampingan Literasi Sains Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Yayasan Uswatun Hasanah Bontang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 44-51. https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i2.1017

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Anggraeni, S. F., Kaniawati, I., & Efendi, R. (2023). Penerapan Argumentation-Based Science Inquiry (ABSI) dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Wapfi (Wahana Pendidikan Fisika), 8(2), 143–148. https://doi.org/10.17509/wapfi.v8i2.41792

Ay?k, K., & Ay?k, Z. (2021). Utilization of library facilities by pre-service science teachers: Information literacy and scientific literacy perspectives. Bilgi Ve Belge Ara?t?rmalar?, 0(15), 59–71. https://doi.org/10.26650/bba.2021.15.03

Azaly, Q. R., & Fitrihidajati, H. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis Microsoft Office Sway pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 218–227. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p218-227

Azizah, A. A., & Fauziah, A. N. M. (2023). Peningkatan keterampilan proses sains siswa SMP melalui pendekatan model problem based learning pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 525–529. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1090.

Baktiarso, S., Mahardika, I. K., Arafah, A. L., Ariyani, D. T., Ferlita, S. A., & Nurhasanah, A. F. (2023). Analisis peranan teknologi dalam pembelajaran sains pada siswa SMA. Justek Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1), 22. https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.12486.

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348.

Bestari, P., Awam, R., Sucipto, E., Marsidin, S., & Rifma, R. (2023). Peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Jurnal Papeda Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4016.

Chrismanto, A. R., Magta, M., & Ardiana, R. (2024). Peran program kelas dalam membina literasi sains pada anak usia dini. Jurnal Mentari Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(2), 176–187. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.490

Damayanti, A., & Lanawati, S. (2024). Pengaruh teacher self-efficacy dan motivasi mengajar terhadap kesiapan guru menerapkan pendekatan STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics). JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2125–2133. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4047.

Durasa, H., Sudiatmika, A., & Subagia, I. W. (2022). Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi pemanasan global. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 51–36. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.930.

Dwiwulandari, A., Hakim, M., & Hasnawati, H. (2024). Analisis kemampuan literasi sains siswa kelas V pada pembelajaran IPAS SDN 1 Jagaraga Indah. Jurnal Pendidikan Sains Geologi dan Geofisika (GeoscienceEd Journal), 5(4), 799–807. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.466

Fatimah, S. (2023). How does local wisdom in science learning? Research trend analysis through bibliometric in 2018–2023. Social Humanities and Educational Studies (SHES) Conference Series, 6(3). https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82323.

Fisabillillah, Y., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi penerapan literasi dan numerasi pada pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SDN 1 Kedungkumpul, Sukorame, Kabupaten Lamongan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 876–883. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4879.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.

Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497.

Hardianti, F., Setiadi, D., Syukur, A., & Merta, I. W. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis science, technology, environment, society (SETS) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jurnal Pijar MIPA.

Hartatik, S. (2020). Indonesia kemampuan numerasi mahasiswa pendidikan profesi guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456.

Ikhtiar, M. A., Sudirman, S., & Hidayanto, E. (2021). Komunikasi matematis tulis siswa dalam pemecahan masalah matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 14. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8398.

Insani, M. Y. S., & Fitria, Y. (2022). Pencapaian kompetensi literasi sains mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam praktik pembelajaran daring berorientasi masalah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8239–8247. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3247.

Jamaluddin, J., Bachtiar, I., & Sukarso, A. (2023). Profil literasi sains dan kecenderungan berpikir kritis peserta didik SMPN di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2155–2164. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1076.

Kurnia, T., & Novaliyosi, N. (2023). Analisis kesiapan guru matematika dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SMA. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1811–1816. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1702.

Nurdiana, Z., & Sartika, S. B. (2024). Pengaruh media video animasi terhadap kemampuan literasi sains siswa SD. Eduproxima Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 242–251. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4472.

Nurlaili, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Analisis kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 1 Sukarara pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1690–1698. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1554.

Rizki, S., Mastuang, M., & M, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran model direct instruction untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA materi gerak melingkar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 26. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.3295.

Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan keterampilan multimedia interaktif pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125.

Safrizal, S., Lenny, Z., & Yulia, R. (2020). Kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar di sekolah Adiwiyata (studi deskriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987.

Saputro, I. N., Hapsari, A. N. F., Syahfa, A. N., Palupi, G. R., Madikha, H., Jodyastama, I., Astuti, N. D., Wisanggen, R. A. S. I., Wulandari, R. A., Azizah, S. M., & Khasanah, U. K. N. (2023). Pembelajaran IPA menggunakan FUNEX (Fun Sains Experiment) di SDN 01 Karakan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni bagi Masyarakat), 12(1), 91. https://doi.org/10.20961/semar.v12i1.65727.

Sari, E. R., S, E. F. H., & Lestari, N. (2022). Pembelajaran kontekstual untuk melatih kemampuan literasi sains siswa. Quantum Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i1.551.

Setiawani, E., Apsari, N., & Lestari, N. (2021). Assessment literasi sains dimensi kompetensi pada materi pemanasan global. Quantum Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya, 1(1). https://doi.org/10.46368/qjpia.v1i1.314.

Shalehah, N. A. (2023). Pembelajaran berbasis proyek sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka di satuan PAUD. Islamic Edukids, 5(1), 14–24. https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7139.

Sinyanyuri, S., Utomo, E., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2022). Literasi sains dan asesmen kompetensi minimum (AKM): Integrasi bahasa dalam pendidikan sains. Jurnal Basicedu, 6(1), 1331–1340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2286.

Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya literasi sains: Faktor penyebab dan alternatif solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580.

Syaadah, I., Hendrawan, J. H., & Trihastuti, M. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil Pelajar Pancasila. Mores, 6(2), 79–94. https://doi.org/10.37742/mores.v6i2.134.

Tanggur, F. S. (2023). Tantangan implementasi Kurikulum Merdeka bagi guru sekolah dasar di wilayah pedesaan Pulau Sumba. Hinef, 2(2), 23–29. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.993.

Utami, F. P., & Setyaningsih, E. (2022). Kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan pembelajaran problem based learning pada materi sistem ekskresi. Journal of Education Learning and Innovation (ELIA), 2(2), 240–250. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.470.

Wahyuningsih, W., Karuna, K., & Marantika, J. E. R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembentukan [detail sesuai RIS]. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10060–10065. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5813.

Wardhana, S. O., Nabilah, S., Dewitasari, A. P., & Hidayah, R. (2021). E-modul interaktif berbasis Nature of Science (NOS) perkembangan teori atom untuk meningkatkan level kognitif literasi sains peserta didik. Unesa Journal of Chemical Education, 11(1), 34–43. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n1.p34-43.

Widya, L. N., & Sukoriyanto, S. (2023). Analisis literasi statistik siswa SMP dalam menyelesaikan soal model PISA. Indiktika Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 136–145. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11603.

Wulandari, F., & Hanim, M. (2023). Model pembelajaran inkuiri terintegrasi etno-STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10779–10786. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3121.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik Indonesia: Hasil PISA dan faktor penyebab. Lensa (Lentera Sains) Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283.

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Rochman, S. (2021). Peningkatan kompetensi guru melalui workshop model integrasi terpadu literasi sains dan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA. Publikasi Pendidikan, 11(2), 107. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.18378




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i4.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.