Analisis Implementasi Pembelajaran Sastra pada Anak Sekolah Dasar: Kajian Literatur

Desak Putu Reza Maylita, Ida Bagus Putrayasa, I Nyoman Sudiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui berbagai implementasi pembelajaran sastra pada anak sekolah dasar, seperti proses pembelajaran, implikasi atau dampak pembelajaran sastra terhadap anak sekolah dasar Penelitian ini menggunakan metode analisis literatur menggunakan big data Scopus, Web of Science, Wiley Online Library, dan Google Scholar dengan kata kunci implementasi pembelajaran sastra pada anak sekolah dasar. Ada 3 tahap dalam melakukan kajian literatur, yaitu: 1) Proses pencarian data; 2) Proses identifikasi dan seleksi artikel; dan 3) Proses analisis dan interpretasi. Maka didapatkan 40 dokumen terkait pembelajaran sastra pada anak dalam kurung waktu 5 tahun terakhir. Kemudian dokumen dianalisis dan disintesis secara deskripsi diperoleh 10 dokumen yang layak. Hasil kajian literatur review tentang pembelajaran sastra pada anak sekolah dasar, dapat dibagi kedalam 3 kriteria. yaitu 1) Hakikat pembelajaran meningkatkan kemampuan kognitif, 2) Meningkatkan keterampilan; dan 3) Menumbuhkan sikap atau karakter positif pada anak sekolah dasar. Hakikat sastra hadir untuk memberikan pencerahan moral bagi manusia sehingga terbentuk manusia-manusia yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur. Pembelajaran sastra mempunyai peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkompetitif di era milenial. 

Keywords


Pembelajaran Sastra; Pemahaman; Keterampilan dan Sikap Anak Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Agusrita, A., Arief, D., Bagaskara, R. S., & Yunita, R. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 604-609. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.408

Anggraini, V., Syahrul, S., Arief, D., & Ratih, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Berbasis Graphic Organizer Venn Diagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1219-1227. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.513

Apriliyani, N. Y. A., Sunendar, D., Syihabuddin, S., & Sumiyadi, S. (2023). Cerita Rakyat Nusantara sebagai Media Pengenalan Sastra pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2875-2884. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4375

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo, 1(2), 71-90. http://dx.doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Aryanto, S., Widiansyah, A., & Markum, M. (2019). Kreativitas dalam pembuatan sastra anak berbasis ecopreneurship. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 83-90. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21677

Aryanto, S., Widiansyah, A., & Markum, M. (2020). Peningkatan kemampuan Berprikir Kreatif dalam Pembuatan Sastra Anak Berbasis ecopreneurship melalui implementasi design thinking. Educational Journal of Bhayangkara, 1(1).

Ati, A. P., Sandiar, L., Widiyarto, S., & Harie, S. (2021). Ajaran Moral Dan Karakter Dalam Buku Cerita Nusantara Sebagai Bahan Ajar Siswa SD. Basastra, 10(1), 46-54.

Budiharto, R. A., & Ramadani, T. (2018). Penggunaan Sastra Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Peduli Lingkungan. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Depdiknas. (2010). Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dewi, N. K. (2022). Toleransi Otentik dalam Sastra Anak Sebagai Implementasi Wawasan Multikultural. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 78-84. https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6739

Farahiba, A. S. (2019). Eksistensi sastra anak dalam pembentukan karakter pada tingkat pendidikan dasar. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 47-59.

Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152-159. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1718

Habibi, M., Chandra, & Nana, F. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Sebagai Upaya Mewujudkan Literasi Sastra Di Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(1), 8–16.

Hafizah, H., Rahmat, A., & Rohman, S. (2022). Pembelajaran Sastra Anak Dalam Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(2), 137-144.

Hasan, L. N., & Pairin, U. (2021). Pendidikan Integritas Dalam Wacan Bocah Majalah Panjebar Semangat: Kajian Struktural Teks Sastra Anak Berbahasa Jawa. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(2), 145-164.

Hasjim, M., Thaba, A., Devi, S., Jerniati, J., Aminah, A., Hastianah, H., ... & Syamsurijal, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Sastra Anak dan Pendidikan Karakter Untuk Sekolah Dasar. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 8(1), 49-54.

Henita, N., & Mayar, F. (2023). Analisis Perkembangan Sastra Anak Dalam Seni Tari di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3582-3591.

Huck, C. Hepler, S. & Hicman, J. (1987). Children’s Literature in The Elementary School. Chicago: Rand Me. Nally College Company.

Kuratul, A. (2019). Analisis Nilai-nilai Moral dalam Cerita Anak pada Buku Siswa Kelas V untuk Sekolah dasar (Doctoral dissertation, STKIP PGRI SUMENEP).

Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876-4886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2972

Maziyah, N., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Analisis nilai spiritual dalam pembentukan karakter pada buku cerita rakyat karya wirodarsono. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 11-18.

Nurgiyantoro, B., & Efendi, A. (2013). Prioritas penentuan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra remaja. Cakrawala Pendidikan, 3(13), 81183. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1626

Nurmala, S. (2020). Nilai Moral Cerita Rakyat Dalam Buku Cerita Daerah Sulawesi Tenggara. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 5(1), 45-56.

Ramadhan, I., Firmansyah, H., & Wiyono, H. (2022). Kearifan Lokal dan Kajian Etnis di Kalimantan Barat. Penerbit Lakeisha.

Ratna, N. K. (2014). Peranan karya sastra, seni, dan budaya dalam pendidikan karakter. Pustaka Pelajar.

Saib, R. M. (2023). Pemanfaatan Teknik peta Konsep Dalam Pembelajaran Puisi Untuk Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Pemahaman Sastra Siswa: Utilization of Concept Map Techniques in Poetry Learning to Increase Interest and Literary Comprehension Skills. EDUCATE: Journal of Education and Culture, 1(03), 168-174

Soetarno. (2008). Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Sriwijayanti, R. P., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Pelatihan Menulis Kreatif dalam Konteks Cerita Anak Melalui Project-based Learning: Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(2), 367-372.

Sudigdo, A. (2018). Penumbuhan budi pekerti berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran sastra anak pada siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Yogyakarta. BAHASTRA, 38(1), 1-7.

Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389-402.

Supriyadi, H., Rustinar, E., Elyusra, E., Sakroni, S., & Hakim, M. (2022). Pendampingan Meningkatkan Minat Literasi Sastra Puisi Siswa Melalui Program Klub Literasi Sekolah. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(08), 1036-1044.

Susilawati, S., Widia, W., & Haryanto, L. (2020). Penerapan Permainan Parallel Puzzle Fisika Efektif untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02), 7-11

Tarigan, H. & Guntur. (2011). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tim, B. S. N. P. (2013). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Buletin BSNP [Online], 8(3).

Wahidin, D. (2009). Mengembangkan Kemampuan Bersastra Siswa SD.

Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2). 136-142. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1459

Widia, W., Yustiana, Y. R., & Kaniawati, I. (2023). Analisis Keterlaksanaan Perkuliahan IPA Lingkungan: Field Study. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). 233-240. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5427

Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Permadi, T. (2023). Pengenalan Sastra untuk Siswa Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada Tradisi Gawai Dayak). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 467-478.

Zulkarnaini, W. (2008). Teori dan Apresiasi Sastra dalam Konstruksi Bahan Ajar. Sumatera Barat: LPMP




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i3.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.