Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Budaya Lokal pada Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berbasis budaya lokal dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila di era Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pembelajaran yang kontekstual, bermakna, dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik, salah satunya melalui penguatan dimensi Profil Pelajar Pancasila seperti beriman dan bertakwa, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pendekatan budaya lokal dipandang relevan karena mampu menghubungkan peserta didik dengan akar identitasnya serta menumbuhkan kesadaran terhadap keberagaman sosial-budaya di sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di sekolah menengah pertama di wilayah yang memiliki kekayaan budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal dalam pembelajaran IPS dapat memperkuat nilai-nilai luhur yang sejalan dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila, meningkatkan partisipasi aktif siswa, serta memperkaya pengalaman belajar yang kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model pembelajaran IPS berbasis budaya lokal secara sistematis untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, P., Anggriani, M., Purwati, I., & Birawan, A. (2025). Implementasi Model Pembelajaran PISL sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Bima pada Siswa Sekolah Dasar melalui Mata Pelajaran IPS. Culture Education and Technology Research (Cetera), 2(1), 141–150. https://cetera.web.id/index.php/ctr/article/view/135
Hasan, M., Hermansyah, H., & Sukino, A. (2025). Implementasi Budaya Sekolah dalam Membangun Kesadaran Multikultural. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 15(1), 97–116. https://doi.org/10.33367/ji.v15i1.6488
Labibah Azzahra. (2024). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Budaya Terhadap Sikap Toleransi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Pertama. SOSIAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(3), 16–25. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i3.255
Luh De, L., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Karakter Generasi Muda Kota Denpasar. Arthaniti Studies, 6(1), 29–34. https://doi.org/10.59672/arthas.v6i1.4321
Manarfa, A., & Lasaiba, D. (2024). Jejak Karakter di atas Budaya: Menelusuri Identitas dalam Pendidikan. Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah Dan Budaya, 4(1), 67–75. https://doi.org/10.30598/lanivol4iss1page67-75
Nandawati, A., Suprijono, A., Segara, N. B., Studi, P., Pendidikan, S., Ilmu, F., Politik, I., & Negeri, U. (2025). Penanaman Sikap Gotong Royong melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Karangrejo Kabupaten Magetan bertujuan untuk mengembangkan potensi individu secara maksimal . Dengan pendidikan , mengembangkan akhlak yang mulia . Proses pendidikan ti. 5(1), 225–234.
Palazzolo, D. J. (2023). Research Methods. Experiencing Citizenship: Concepts and Models for Service-Learning in Political Science, 109–118. https://doi.org/10.4324/9781003444718-9
Rakhman, Z. (2025). Implementasi pendidikan karater berbasis budaya sasak dalam pembelajaran ips di sdn 3 kembang sari. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 12(1), 136–150.
Rismawati, L., & Al-Pansori, M. J. (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. KASTA Jurnal Ilmu Sosial Agama Budaya Dan Terapan, 5(1), 43. https://doi.org/10.58218/kasta.v5i1.1335
Siregar, A. R., Fitri, A., Pakpahan, H., Siregar, E. B., Mahmud, J., Nadya, S., Matondang, N. H., Hidayah, N., Karo, B., Sonia, P., Simarmata, B., & Hasibuan, R. P. (2024). Etnomatematika Sebagai Sarana Penguatan Budaya Lokal Melalui Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding MAHASENDIKA III, 44–57.
Ulul Albab, Fina Mawadah, Ferdian Nawawi, Alif Tito, & Ahmad Ta’rifin. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Proses Pembelajaran Di Mts Ribattulmuta’Alimin: Peluang Dan Tantangan. El-FAKHRU, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.46870/elfakhru.v3i1.773
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i3.647
Refbacks
- There are currently no refbacks.