Implementasi Model Circuit Training untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Pedesaan

Majdin Majdin, Rostati Rostati, Firmansah Firmansah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model circuit training terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar di wilayah pedesaan. Desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan model pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri atas 60 siswa kelas IV dan V SD Inpres Sangiang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti program circuit training selama 12 sesi, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani konvensional. Pengukuran kebugaran jasmani dilakukan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) pada tahap pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kebugaran jasmani siswa kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata skor kebugaran jasmani kelompok eksperimen meningkat dari 55,00 menjadi 72,50, sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat dari 54,80 menjadi 58,00. Temuan ini menunjukkan bahwa circuit training efektif diterapkan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar, khususnya di wilayah pedesaan dengan keterbatasan fasilitas olahraga.

Keywords


Circuit Training; Kebugaran Jasmani; Pendidikan Jasmani; Siswa Sekolah Dasar; Wilayah Pedesaan

Full Text:

PDF

References


Aini, K., & Rahman, A. (2025). Eksplorasi Tantangan Dan Peluang Integrasi Wearable Teknologi Dalam Kurikulum Pendidikan Jasmani. Indonesian Journal of Physical Activity, 5(1), 82-93.

Andini, S. J., Farica, M. C., & Asmawulan, T. (2024). Belajar Sambil Bermain: Cara Sekolah Mendukung Motorik Kasar Anak Usia Dini. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 7(2), 178-186. https://doi.org/10.23917/ecrj.v7i2.8794

Aprilia, N., & Januarto, O. B. (2022). Hubungan kebugaran jasmani dengan prestasi belajar siswa smp: Literature review. Sport Science and Health, 4(6), 495-507. https://doi.org/10.17977/um062v4i62022p495-507

Chasani, R. N., Indarto, P., Sudarmanto, E., & Saputro, I. N. (2024). Analisis Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran Siswa: Systematic Literature Review. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1641 –. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1350

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Fajri, A., Yulisatria, G., Malasar, C.A., Dongoran, M. F., & Siregar, F.S. (2025). Strategi Pembelajaran Efektif Dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 13(1), 97-111. https://doi.org/10.55081/jsbg.v13i1.3731

Fauzan, M. G., Rahmat, A., & Carsiwan, C. (2024). Pembelajaran media audio visual dalam Pendidikan Jasmani: Systematic literatur review. Bravo's: Journal of Physical Education and Sport Science, 12(2), 148-158. https://doi.org/10.32682/bravos.v12i2/27

Febrian, R. A., & Bakti, A. P. (2021). Latihan ball feeling dan latihan ladder drill terhadap kelincahan menggiring bola pemain sepakbola. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03), 381-390.

Field, A. (2024). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. Sage publications limited.

Firdaus, R.A., Rahmat, A., & Carsiwan. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Pendekatan Taktis (Systematic Literature Review). EDU RESEARCH, 5(2), 96-107. https://doi.org/10.47827/jer.v5i2.179

Firmansah, M. W. (2021). Model Latihan Daya Tahan Pada Sepakbola. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(8), 91-100.

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education.

Mappanyukki, A.A., & Aksir, M.I. (2025). Analisis Komprehensif Model Latihan Fisik dalam Cabang Olahraga Atletik : Tinjauan Literatur. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(6), 2385-2393. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i6.4091

Marpaung, R. E. R., Suharti, S., & Muhyi, M. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sirkuit TrainingTerhadap Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(1), 14–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.4928

Mashud, M., Muhammad, R., Mu'arifin, M. A., Didik, P., Afri, T., & Wulandari, A. (2022). Model pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan kecakapan kolaborasi siswa di indonesia: Article review. Jendela Olahraga, 7(2), 78-94. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11973

Masino, M., Syarif, A., & Sari, D. T. (2025). Pengaruh Metode Latihan Circuit Training Dalam Meningkatkan Keterampilan Sepak Bola Siswa Kelas VIII SMP Purnama Ayah. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(1), 169-174.

Mustafa, A. F. (2022). Gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 213-225. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.25

Muzakki, A., Kobandaha, F., Annas, A. N., & Arifin, B. (2024). Tantangan dan Peluang Integrasi Pendidikan Jasmani dalam Kurikulum Pendidikan Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 8511–8521. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15917

Noerpratomo, R. H., Robandi, B., & Fitri, M. (2024). Pedagogi Olahraga dan Kebugaran Anak Usia Dini: Systematic Literature Review. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(1), 287-294. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i1.2662

Pranata, D., & Kumaat, N. A. (2022). Pengaruh olahraga dan model latihan fisik terhadap kebugaran jasmani remaja: Literature review. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(02), 107-116.

Puspitaningrum, D. C. (2024). Analisis tantangan dan peluang pendidikan jasmani dalam implementasi kurikulum sekolah dasar: Systematic literature review. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Mental Peserta Didik (pp. 631-644).

Rahayu, A. A., Rahmat, A., & Carsiwan, C. (2024). Hubungan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Berpikir Kritis Siswa (Systematic Literature Review). Jurnal Dunia Pendidikan, 4(2), 839-851. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i2.1901

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, S., & Imawati, V. (2023). Pengembangan bakat untuk atlet di usia muda: Pembahasan dalam pendekatan spesialisasi awal versus multilateral. Patria Educational Journal (PEJ), 3(2), 99-108. https://doi.org/10.28926/pej.v3i2.1014

Tsalisafriana, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran PJOK dalam Meningkatkan Kebugaran Fisik Siswa: Tinjauan Literatur. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Mental Peserta Didik (pp. 678-687).

Wahid, W. N., & Kurniawan, A. W. (2023). Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 4(1), 270-281. https://doi.org/10.37742/jmpo.v4i1.77

Woro, S. B., Ariansyah, S. Z., & Mursyid, A. F. (2024, December). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Ekstrakurikuler Futsal Usia 16-19 Tahun: Systematic Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Mental Peserta Didik (pp. 306-316).

Zarwan, Z., & Hardiansyah, S. (2019). Penyusunan Program Latihan Bulutangkis Usia Sekolah Dasar Bagi Guru PJOK. Jurnal JPDO, 2(1), 12-17. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/182




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i3.619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.