Pengaruh Permainan Tradisional Lari Balok Terhadap Peningkatan Kelincahan Siswa SMP

Sadam Sadam, Rostati Rostati, Afif Rafiun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional Lari Balok terhadap peningkatan kelincahan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lambu. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri atas 55 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti program permainan tradisional Lari Balok selama 12 sesi dalam 6 minggu, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Illinois Agility Test pada tahap pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan kelincahan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata waktu Illinois Agility Test kelompok eksperimen menurun dari 19,50 detik menjadi 16,20 detik, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami penurunan waktu dari 19,40 detik menjadi 18,90 detik. Temuan ini membuktikan bahwa permainan tradisional Lari Balok efektif dalam meningkatkan kelincahan siswa dan dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran pendidikan jasmani yang menarik dan mudah dilaksanakan.

Keywords


Permainan Tradisional; Lari Balok; Kelincahan; Pendidikan Jasmani; Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Aldiansyah, R., Asriansyah. (2020). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas VII SMP Negeri 51 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(1), 73-81. https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3738

Alfiyanto, M., Rubiyatno, & Gandasari, M. F. (2024). Efektifitas Peregangan Statis dan Dinamis Terhadap Kelincahan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(2), 260-272. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i2.3851

Aulia, W., Suryansah, S., & Januarto, O. B. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(1), 94-102. http://dx.doi.org/10.17977/um062v4i12022p94-102

Bujangga, N. W. A. A. P., Hita, I. P. A. D., & Mahotama, I. B. G. J. (2025). Studi Pustaka Tentang Pengaruh Latihan Dribbling Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Pemain Bola Basket Usia Dini. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 3(5), 228–237. https://doi.org/10.60126/jim.v3i5.933

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education.

Hayati, S. N., & Hibana, H. (2021). Reaktualisasi permainan tradisional untuk pengembangan kreativitas anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 298-309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1344

Hidayati, S. N., & Rodliyah, R. S. (2020). Eksplorasi Strategi Guru untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Aktifitas Membaca. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 121-128. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24563

Kurniawan, D., Ridwan, M., & Herinanta, M. B. (2024). Upaya Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Permainan Tangkak Rani: Tangan Merangkak Kebugaran Jasmani. Journal of Creative Student Research, 2(5), 114-124. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4315

Pratama, M. A. R. P., Usra, M., Sumarni, S., Iyakrus, I., & Bayu, W. I. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kecepatan dan Kelincahan. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 77-86. https://orcid.org/0000-0002-0650-8783

Puspitasari, N., Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(2), 2540-2546. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2458

Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A.I., & Purnomo, H. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahman, D. F. (2019). Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 515-518.

Safitri, R. E., Safari, I., & Supriyadi, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Lari melalui Permainan Tradisional Kucing Jongkok. Jambura Health and Sport Journal, 5(1), 74-84. https://doi.org/10.37311/jhsj.v5i1.18703

Solikah, A. U., Izzah, A., & Valeria, A. H. (2024). Corak budaya Indonesia dalam bingkai kearifan lokal. Uwais Inspirasi Indonesia.

Susila, L. (2021). Pengaruh metode latihan high intensity interval training (HIIT) dalam meningkatkan power otot tungkai dan kelincahan pada permainan bola voli. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 230-238. http://dx.doi.org/10.54371/ainj.v2i3.86

Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi permainan CBA pada pembelajaran atletik sebagai solusi alternatif melestarikan permainan tradisional di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1), 9-16. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v4i1.348

Tresnawati, N. (2018). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam upaya peningkatan konservasi lingkungan pada mahasiswa pgsd di batik tulis ciwaringin cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 69-82. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2603

Yustiyati, S., Dhafiana, N., Sabila, S. A., Indriani, T., & Mulyana, A. (2024). Meningkatkan minat belajar siswa SD dalam pembelajaran PJOK melalui permainan tradisional. Jurnal Keolahragaan JUARA, 4(1), 134-142. https://doi.org/10.37304/juara.v4i1.13543

Zein, L. R., & Rahayu, R. (2022). Pentingnya Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2), 109-114. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.45531




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v2i3.618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.