Pelaksanaan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Soa

Antonia Karolina Eje, Ni Wayan Suparmi

Abstract


Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan bertujuan menggambarkan dan menganalisis fenomena yang terjadi di lapangan secara mendalam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di SMPN 1 Soa, Desa Wue, Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji pentingnya penerapan literasi digital dalam mendukung perkembangan siswa dalam proses pembelajaran. Literasi digital, dalam konteks penelitian ini, merujuk pada kemampuan siswa untuk menggunakan teknologi informasi secara efektif dalam mencari, memilih, dan memanfaatkan informasi untuk pembelajaran. Penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas VIII sebagai partisipan. Literasi digital dianggap sangat penting dalam dunia pendidikan saat ini, karena teknologi informasi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan literasi baca tulis dan literasi digital di SMPN 1 Soa dan membandingkan efektivitas keduanya. Literasi diterapkan dalam tiga tahap: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran, yang dilaksanakan dari Senin hingga Kamis, serta kegiatan literasi setiap Jumat sebelum pembelajaran dimulai. Hasil perbandingan efektivitas literasi baca tulis dan literasi digital di SMPN 1 Soa menunjukkan bahwa keduanya mendukung pengembangan literasi siswa. Efektivitas literasi baca tulis dan literasi digital memiliki kelebihan dan kekurangan, kedua jenis literasi ini saling berkaitan dan berkontribusi positif terhadap kemampuan literasi siswa

Keywords


Literasi digital; Proses Pembelajaran; Kemampuan Literasi; Siswa.

Full Text:

PDF

References


Atoy, M. B., Gracia, F. R. O., Cadungog, R.R., Cua, J. D. O., et al. (2020) Linking digital literacy and online information searching strategies of Philippine university students: The moderating role of mindfulness. Journal of Librarianship and Information Science. (Online) 54 (4), 1015-1027. Available from: Https://doi:10.1177/0961000619898213.

Ginting, E. S. (2020). Penguatan Literasi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pbsi-Iii Tahun 2020, 35-38. Https://Www.Nfra.Ac.Uk/Publication/Futl06/Futi.06.Pdf

Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru Paud pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759-3770. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i4.1657

Leaning, M. (2019) An Approach to Digital Literacy throught the Integration of Media and Information Literacy. Media and Communication. (Online) 7 (2), 4-13 Available from: Https://doi:10.17645/mac.v7i2.1931.

Muslimin, M., & Idul, R. (2020). Budaya Literasi Digital Terhadap Pembentukan Sikap dan Karakter Masyarakat dalam Pembatasan Sosial Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 10(3), 21-36. Https://Ejurnal.Ung.Ac.Id/Index.php/Jbsp/Article/View/10540

Mustofa, & Budiwati, B. H. (2019). Proses Literasi Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka: Jurna; Kajian Informasi dan Perpustakaan, 11(1), 115-130. Https://Doi.Org/10.22460/Semantik.V6il.P11-24

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020) Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 pada Mahasiswa. Indonesian Journal Of Learning and Education and Counseling, 3(1), 34-40. Https://Doi.Org/10.31960/Ijolec.V3il.561

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursu Literasi Abad 21 Di Indonesia. Jpe (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 107-126. Http://Ejurnal.Ikippgribojonegoro.Ac.Id/Index.Php/Jpe

Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195-202. Kemampuan Literasi Baca Tulis dan Literasi Digital. (n.d.). https://doi.org/10.53947/perspekt.vli2.32

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164. Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V6i2.4829

Sumiati, Eti & Widjonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65-80.

Setyaningsih, Rila dkk. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200-1214.

Suparmi, N. W., Kua, M. Y., Dolo, F. X., Dinatha, N. M., Gelu, A., Pare, P. Y. D., Mo’i, M. G. R., Bhala, M. R., Wele, M. A., & Meo, K. (2024). Pendampingan Guru IPA dalam Pemanfaatn Media Belajar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal ABDIMAS Ilmiah Citra Bakti, 5(1), 82-83. DOI: Https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i1.2934

Yunita, Rika Arni & Hamdi. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sebagai Dasar Pengembangan Buku Elektronik (e-book) Fisika Terintegrasi Edupark. Jurnal Pendidikan Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 172-179.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i4.392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.