Pengaruh Pendampingan Merancang Konten Video untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAI SMPN 1 Dagangan
Abstract
Pendampingan guru dalam merancang konten video Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Dagangan. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat materi pembelajaran berbasis video yang menarik dan efektif, guna mendukung proses belajar mengajar di era digital. Pendampingan ini meliputi pelatihan teknis pembuatan video, penyusunan naskah, pengambilan gambar, dan pengeditan video. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi multimedia, serta adanya peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap materi PAI yang disampaikan melalui video. Artikel ini juga mengevaluasi tantangan yang dihadapi selama proses pendampingan dan memberikan rekomendasi untuk implementasi lebih lanjut di sekolah lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, I. S., Prayogi, A., Ta'rifin, A., Syaifuddin, M., Pujiono, I. P., Vito, B. S., & Hami, W. (2024). Pelatihan Pembuatan Konten Video Pendidikan bagi Calon Wisudawan Prodi PAI UIN Gusdur Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Larisma, 1(1), 8-14.
Arief, R., Nugroho, W., & Himawati, D. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Online Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 53-66.
Arini, F. Y. (2009). Implementasi e-learning menggunakan Javaserver pages: Studi kasus Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Asfiana, A., & Lessy, Z. (2023). Pengembangan Video Sumber Belajar Berbasis Kearifan Lokal di MIN 29 Aceh Besar. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12(3).
Asrori, M., Wibowo, A. M., Erfantinni, I. H., & Wahyuningtyas, D. P. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Dalam Desain Pembelajaran Daring Bagi Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal On Education, 5(3), 9549-9560.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712-31723.
Faizah, N. M. (2024). Analysis of Digital Technology on Language Style Changein Online Communication. Technologia Journal, 1(2), 19-29.
Fuadiah, N. F., Marhamah, M., Sari, E. F. P., & Jumroh, J. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru sma karya ibu palembang. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 152-160.
Hasmiza, H., & Romelah, R. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Youtube Di Smp Nurul Jannah Natuna. Research and Development Journal of Education, 8(1), 354-362.
Hidayati, N., Wulan, D. J., & Mustoip, S. (2021). Tanggapan guru sekolah dasar terhadap inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Edubase: Journal of Basic Education, 2(2), 127-136.
Juhaeni, J., Adillah, N., Wafda, W., & Sir, N. U. (2024). Konsep Pengembangan Evaluasi Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 18-24.
Lubis, M. (2018). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Edu Publisher.
Mahmudi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89-105.
Mariyana, R. (2020). Pengembangan Desain Model Pembelajaran Virtual Flipped Classroom. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 150-156.
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfaatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 323-329.
Putri, M. (2023). Perkembangan Pendidikan Agama Islam Bagi Muslim Minoritas Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 107-117.
Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi-Materi. Jurnal Eksis, 8(1), 2053-2059.
Saputra, R. E. (2022). Penerapan media audio visual pada materi penjumlahan kelas 2 di SDN 3 Wonoboyo. JURNAL BAHUSACCA, 3(1), 22-29.
Sugiyono, E. I. (2014). Pengembangan bahan ajar menyimak berbasis multimedia interaktif dalam model belajar mandiri untuk sekolah menengah pertama. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2).
Waliulu, Y. S., Sos, S., Kom, M. I., Wahid, S. E., Arif, H. M., Deyidi Mokoginta, S. T., ... & Iswahyudi, M. S. (2023). Pendidikan Dalam Transformasi Digital. Cendikia Mulia Mandiri.
DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i4.297
Refbacks
- There are currently no refbacks.