Penggunaan E-Worksheets Berorientasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Agnes Wigati, Deni Puji Hartono, Sunaryo Romli

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan e-worksheet berorientasi STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama melakukan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan e-worksheet melalui software liveworksheets. Tahap kedua melakukan pengumpulan data uji kegunaan melalui googleform. Data hasil kemampuan berpikir kreatif kemudian dianalisis dengan uji N-gain, sedangkan hasil uji kegunaan dianalisis dengan persentase yang meliputi aspek usebility, easy to use, easy to learning, dan satisfaction. Berdasarkan temuan penelitian bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan skor gain <g> sebesar 0,34, serta hasil uji kegunaan menunjukkan persentase yang didominasi oleh jawaban Setuju (S) dan Sangat Setuju (SS) pada seluruh indikator uji. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan e-worksheet berorientasi STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan memenuhi nilai kegunaan produk.


Keywords


E-Worksheet, STEM & Berpikir Kreatif.

Full Text:

PDF

References


Asyana, V., & Arini, A. (2020). Optimalisasi Penggunaan E-Modul Dan Phet Simulation Sebagai Virtual Lab Di Masa Pandemi Covid-19. Komunikasi Fisika Indonesia, 17(3), 160–165. https://doi.org/10.31258/jkfi.17.3.160-165

Barry D M, Kanematsu H, Nakahira K, and Ogawa, N 2018 Procedia Comput. Sci. 126 927.

Becker, K., & Park, K. 2011. Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students'

learning: A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education:Innovations and Research, 12(5/6), 23.

Bybee, R. W. 2013. The case for STEM education: Challenges and opportunity. Arlington, VI: National Science Teachers Association (NSTA) Press.

Coon, D. & Mitterer, J.O. (2014). Psychology: A Journey. Fifth Edition. California: Wadsworth, Cengage Learning.

Daryanto, J., Rukayah, R., Sularmi, S., Budiharto, T., Atmojo, I. R. W., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Meningkatkan motivasi belajar peserta didik sekolah dasar melalui pemanfaatan media lkpd interaktif berbasis liveworksheet pada masa revolusi industri 4.0. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 319-326 https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5516

Diana, A.W., Hakim, L., & Linda, L. (2021). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Hukum Newton Berbasis Mobile Learning Menggunakan Live Worksheets di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.10 No.2 2021.

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1): 98-106.

Hasanah, D., & Budhi, W. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Fisika Berbasis STEM Pada Topik Elastisitas dan Hukum Hooke. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(2), 130-139.

Khaeroningtyas A, Permanasari A., and Hamidah, I. (2016). Ind. J. Sci. Educ. 5 94

Khoiri, N., Roshayanti, F., & Widarti, R. (2023). Integration of STEAM and ESD: Improving the understanding of fluid concepts and creativity. Journal of Education and e-Learning Research, 10(3), 578-584. https://doi.id:10.20448/jeelr.v10i3.4987

Mihelich, M. (2013). Worker centers are center of attention. Workforce, 92(11), 24-26.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. (Yogyakarta: DIVA Press)

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology. Fifth Edition. New York: McGraw-Hill

Sele, A. (2022). Survei Kepuasan Siswa Mengerjakan Tugas dengan Aplikasi Live Worksheet pada Pembelajaran Daring. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 53-60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.311

Singh, A.P. and Dangmei, J. (2016). Understanding the Generation Z, the future workforce. South-Asian Journal of Multidisciplinary Studies, 3(3), 1-5.

Waluyo, J. (2019).Pengembangan Lks Ipa Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Smp/Mts (Doctoral dissertation).

Wati, N. P. S. S. S. (2020). Pengaruh Model Project Based E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Pupuan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132-141.

Wulandari, N. R., Aka, K. A., & Mukmin, B. A. (2023). Pengembangan LKPD Berorientasi Pendekatan Saintifik dengan Aplikasi Liveworksheet Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 20-27 https://doi.org/10.54259/diajar.v2i1.1295




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i2.276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.