Analisis Pragmatik Idiom Bima dalam Interaksi Sosial Organisasi LDK Al-Muhajirin STKIP Taman Siswa Bima

Uswatun Hasanah, Asri Rahman, Islamiati Islamiati, M. Maulana

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dalam penelitian deskriptif, peneliti mencoba menganalisis dan menyajikan data yang fakta secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan idiom bahasa Bima dan jenis jenisnya dalam interaksi social oleh LDK Al Muhajirin. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil data transkrip oleh anggota LDK Al Muhajirin yang akan dianalisis oleh penelitian ini, peneliti menggunakan rekaman wawancara. Subjek penelitian sebanyak 10 anggota sebagai peserta selektif, mereka adalah 5 anggota akhwat dan 5 anggota ikhwan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 26 idiom yang ditemukan 17 ekstrak diantara 4 interaksi yang digunakan annggota, jenis jenis tindak tutur pragmatic, 5 tindakan ilokusi, 3 tindakan lokusi, dan 9 tindakan perlokusi dan instrumennya, peneliti menggunakan rekaman dan wawancara langsung; terdiri dari 15 rekaman yang terjadi selama interaksi dari 10 hasil wawancara dan pengumpulan data, peneliti mencoba menganalisis rekaman dan membuat hasil transkrip rekaman, dan mewawancarai anggota LDK Al Muhajirin dalam studi analisis pragmatis idiom bahasa Bima dalam interaksi social oleh LDK Al Muhajirin memang cukup sulit untuk dipelajari karena mencakup interaksi bahasa dan dialog.

Keywords


Idiom Bahasa Bima, Interaksi Sosial, Pragmatik.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2004). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Azmi, A. N. (2019). Analisis Semiotika Iklan Kampung Berseri Astra di Media Televisi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Arikunto. (2011: 219). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik, PT Aneka Cipta

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Dawson III, J. G. (2004). Richard A. Sauers. Gettysburg: The Meade-Sickles Controversy. Dulles, Va.: Brassey's. 2003. 20(7). 24.95.

Brooker, R. A., & Morris, D. (1960). An assembly program for a phrase structure language. The Computer Journal, 3(3), 168-174.

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kridalaksana, H. (1993). Linguistic dictionary. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Purwo, B. K. (1990). Pragmatik dan pengajaran bahasa: Menyibak Kurikulum 1984. Kanisius.

Levinson, S. (1983). Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Pers.

Lismay, L., & Zubaidah, Z. (2019). Strategi pembelajaran bahasa inggris mahasiswa mahad iain bukittinggi. Journal Educative: Journal of Educational Studies, 4(1), 45.

Setiyadi, A. C. (2011). Dialek Bahasa Arab Tinjauan Dialektologis. At-Ta'dib, 6(1).

Susanto, D. (2016). Pengantar kajian sastra. Jakarta: Media Pressindo.

Schmidt, R. A. (2003). Motor schema theory after 27 years: Reflections and implications for a new theory. Research quarterly for exercise and sport, 74(4), 366-375.

Tarigan. H.G., et al. (1986). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Wray, D., & Lewis, M. (1997). Extending literacy: Children reading and writing non-fiction. Psychology Press.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i2.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.