Peningkatan Hasil Belajar Mengunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning pada Mahasiswa Semester 3 Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

I Putu Agus Budi Sudarsana

Abstract


Collaborative learning merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman untuk membantu dalam memahami sebuah topik pembelajaran. Melalui Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti menguji efektivitas metode pembelajaran collaborative learning agar dapat menunjang keaktifan mahasiswa. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif dengan metode pembelajaran collaborative learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester 3 Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70 Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 66,7 dengan kategori kurang mengalami peningkatan menjadi 77,6 dengan kategori baik pada siklus I, dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 83,1 dengan kategori baik. Demikian juga ketuntasan klasikal sebelum tindakan 15 orang (45,5%) meningkat menjadi 28 orang (85%) pada siklus 1 dan meningkat lagi jumlahnya menjadi 32 orang (97%) pada siklus 2.

Keywords


Hasil Belajar, Mahasiswa, Collaborative Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristo. (2018). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Dengan Metode Diskusi Menggunakan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Batang Cenaku Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6).

Arnol, A dan Putra, I. (2022). Implementasi Aspek Psikomotorik dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(1).

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 586-595.

Djadadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV. Arti Bumi Intaran.

Hadi, R. (2007). Dari Teacher-Teacher-Centered Learning ke Student-Student-Centereded Learning. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 12(3), 1-8.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Idayati. (2002). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Program DIIPGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Inasari. (2013). Cara Menghitung KKM. https://inasari894.wordpress.com/2013/12/24/205/. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2022. Pukul 22.00 WITA.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Izzaty, R. E., Suardiman, S. P., Ayriza, Y., Purwandari, H., & Kusmaryani, R. E. (2008). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press

Mahanani, P. S. E. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86-93.

Makhrus & Wahyudi. (2020). Pembelajaran Kreatif Berbasis Student Centered Learning pada Elektronika Dasar I Melalui Model Problem Based Learning. Kappa Journal, 4(1), 23-30.

Marhaeni, A.A.I.N. (2008). Determinasi Beberapa Faktor Afektif yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Lembaga Penelitian Undiksha.

Mulyati, Y dan Parwati. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ipa 3 Sma Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Nirwasita, 2(1).

Respati, Y.A. (2018). Collaborative Learning dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi. XV(2), 15-23.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Supridjono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanta. (2014). Paradigma dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Masmedia Buana Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i01.263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.