Analisis Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 9 Sila

Jessy Parmawati Atmaja, Nita Rahmaniya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas IV SD Negeri 9 Sila pada materi Bangun Ruang Sederhana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain menurut Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian yang digunakan adalah 26 siswa kelas IV SD Negeri 9 Sila. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan proses pembelajara dan hasil belajar matematika siswa. Pada pratindakan terdapat 7 siswa (26,9%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I sebanyak 15 siswa (57,7%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada siklus II sebanyak 24 siswa (92,3%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).


Keywords


Hasil Belajar Matematika, Pendidikan Matematika Realistik, Deskriptif Kualitatif dan Deskriptif Kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Afrilianti, F. F., Kesumawati, N., & Hera, T. (2022). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis berdasarkan self-efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3087-3096.

Azis, R. (2018). Implementasi pengembangan kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44-50.

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226-235.

Kemmis & Mc. Taggart. 2010. The Action Research Planner. Geelong: Deaken Univercity Press.

Nurainingtias, P. Y. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV. BASIC EDUCATION, 7(33), 3-291.

Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matemtika Realistik. CV. Reka Karya Amerta: Jakarta.

Ramadhan, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN 7 Medan Denai TA 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (pmr) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.

Sanjaya, W.(2010).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i2.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.