Urgensi Pendidikan Kepramukaan dalam Membentuk Karakter Kebangsaan (DISIPLIN) Mahasiswa

Ihsan Ihsan, Sri Yanti

Abstract


Gerakan Pramuka merupakan  wadah dan upaya pembinaan generasi muda.  Dalam menggunakan prinsip dasar pendidikan Pramuka, pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi lingkungan, kepentingan masyarakat atau pemuda di daerah tertentu serta sosial masyarakat Indonesia pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali peranan  pendidikan Pramuka dalam penanaman nilai-nilai karakter pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan populasi sebanyak 25 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara setelah itu data dianalisis  menggunakan rumus, rentang, perhitungan, dan  persentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peran yang cukup kuat dari pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter kebangsaan (disiplin) pada mahasiswa prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima. Oleh karena itu, mahasiswa harus dilibatkan dalakegiatan kepramukaan agar menjadi pribadi dengan karakter kebangsaan dengan disiplin diri yang kuat

Keywords


Pendidikan Kepramukaan, Karakter Kebangsaan, Disiplin

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, R. S. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kepramukaan. UWKS Press: Surabaya.

Efendi, A. (2018). Pendidik sebagai model dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 80-104.

Hakim, U. H. (2019). Dinamika Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Negeri Makassar (1978-2013). Yupa: Historical Studies Journal, 3(2), 59-68.

Hero, H. (2021). Implementasi Kegiatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Boru Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 308-314.

Himayati, H. (2020). Peran Kegiatan Kepramukaan Dalam Membangun Karakter Siswa Di MA NU HASYIM ASY’ARI 02 Kudus Tahun 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara: Jakarta.

Poerwodarminta, W. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka: Jakarta.

Purwasasmita, M. (2015). Penguatan PLS dalam membangun karakter bangsa melalui pembinaan pramuka di STKIP Siliwangi Bandung. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 14-25.

Rosada, U. D. (2016). Memperkuat karakter anak melalui dongeng berbasis media visual. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 42-49.

Sarkonah, U. S., & Tiarareja, T. (2015). Wawasan Kepramukaan. Depok: Arya Duta.

Sianturi, R. M. R. (2021). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kepramukaan. Jurnal Pancasila dan Bela Negara, 1(1).

Sulistiawati, A., & Nasution, K. (2022). Upaya penanaman pendidikan karakter di sekolah dasar telaah pendekatan struktural fungsional talcott parsons. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 24-33.

Tohidi, A. I. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(1), 14-27.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i2.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.