Pengaruh Media Komik dalam Pembelajaran IPA Terhadap Penguasaan Konsep Siswa SMP Negeri 15 Bolo

Firmansah Firmansah, Try Supryanto, Halimah Thusa'diah, Muhadi Muhadi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan tujuan mendesain media komik IPA, mengetahui pengaruh media komik dalam pembelajaran IPA terhadap penguasaan konsep siswa dan respon siswa terhadap media komik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Bolo tahun pelajaran 2022/2023 dan sampel penelitian adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penguasaan konsep siswa diperoleh dengan menggunakan tes penguasaan konsep dan data respon siswa dikumpulkan dengan angket. Data penguasaan konsep siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma absolut skala lima. Dalam penelitian ini telah dihasilkan 3 seri komik IPA untuk pokok bahasan zat dan wujudnya. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5 % dengan nilai t’= 3,026 dan nilai tersebut tidak berada pada interval -2,02<t’<2,02. Hal ini berarti media komik dalam pembelajaran IPA berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep IPA siswa. Sedangkan hasil analisis data angket diperoleh bahwa respon siswa positif terhadap pembelajaran IPA menggunakan media komik dengan porsentase 53,84 %.

 


Keywords


Media Pembelajaran, Komik IPA, dan Penguasaan Konsep Siswa

Full Text:

PDF

References


Ausubel (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Amirulmukminin, A., & Syahrir, S. (2014). Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 161-165.

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Dimiyati, M. dan Moedjiono. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Pendidikan.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Hamalik & Oemar. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara

Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).

Nurhayati, I., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan Media Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKN di SMA. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 6(1).

Riduwan, (2004). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rohani. (2013). Monopoli IPA Sebagai Model Pembelajaran Suplemen Di SMPN 7 Mataram. Skripsi S1. Pendidikan IPA FKIP Universitas Mataram

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, N dan Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i01.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.