Hubungan Sikap Siswa dengan Prestasi Belajar pada Bidang Study Ekonomi Kelas VIII SMPN 1 Madapangga

Hardyanti Hardyanti, Rostati Rostati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data. populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 orang, sedangkan sample pada penelitian ini adalah kelas VIIIc & VIIId. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan perangkat pendukung angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan product moment dengan tujuan untuk membuktikan adanya hubungan dari kedua variabel tersebut yaitu variabel X sebagai sikap siswa dan variabel Y sebagai prestasi belajar siswa. product moment diperoleh harga koefisien korelasi atau ro (r hitung) adalah 0.806 sedangkan r-tabel yang diuji pada taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95% dan taraf signifikansi 1% 0.449. Ini artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima sedangkan Ho (hipotesis nol) yang berbunyi “tidak ada hubungan sikap siswa dengan prestasi belajar pada bidang study ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2022/2023” dinyatakan tidak disetujui atau ditolak.

 


Keywords


Hubungan Sikap & Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Metodologi penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 16.

Djamarah (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dewanto. (2010). KTSP Dasar Pemahaman Dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik. (2002). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik & Oemar. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Hasan. (2004). KTSP Dasar Pemahaman Dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Khabibah, S. (2004). Model Pengajara Terbalik (Reciprocal Teaching) Dalam Pembelajaran Metematika Di SMU. Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mohtar, I. (2019). Hubungan antara motivasi kerja dan pengalaman kerja dengan kinerja guru madrasah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin (1999). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Suharsimi & Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktik. Dokumentasi. Jakarta: Graha Pustaka.

Susanti, R. D. (2015). Pembelajaran Apresisasi Sastra di Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 3(1).

Trianto. (2007). Model-Model Pebelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i01.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.