Pengembangan LKS Model Matematika Ceria Sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa

Nurlailatun Ramdani, Abas Oya

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan tujuan mendesain media pembelajaran berupa LKS ceria dan mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan prestasi siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMPN 4 Bolo tahun ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIC sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dua jenis yakni; data penguasaan konsep dan data respon siswa yang dikumpulkan dengan angket. Data penguasaan konsep siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma relatif skala lima. Dalam penelitian ini telah didesain LKS Matematika ceria untuk empat kali pertemuan dengan pokok bahasan alat-alat optik. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep Matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5 % dengan harga t’= 3,786 sementara itu harga t tabel lebih kecil dari thitung yakni 2,021. Hal ini berarti LKS model Matematika ceria berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis data angket menunjukkan bahwa respon siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 77 %.


Keywords


LKS Ceria, Motivasi dan Prestasi

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2014). Pedoman Penyususnan Lembar Kegiatan Siswa dan Skenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto & Suharsimi. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.

Karso. (1993). Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Depdikbud.

Nurkamri. (2012). Pengaruh Penggunaan Variasi LKS dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SLTP Negeri 6 Mataram. Skripsi S1. FKIP Unram.

Rawa, N. R., & Bhoke, W. (2017). Pengaruh penggunaan LKS matematika berbentuk komik terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 3(1).

Sadiman, A. (2016). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2015). Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subana, S. (2011). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sumaji. (2009). Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, Udin S., & Rosita T. (1997). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Yusmaida. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media PETA. Pelangi Pendidikan, hlm. 1-5.




DOI: https://doi.org/10.56842/jpk.v1i01.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.