Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Penerapan CTL Pada Materi Besaran Pokok dan Besaran Turunan Kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kendari
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 12 Kendari dan juga hasil pengamatan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 60%, maka perlu diterapkan pembelajaran CTL guna meningkatkan pemahaman siswa yang berdapak pada ketuntasan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada materi besaran pokok dan besaran turunan kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kendari yang diajar melalui penerapan pembelajaran CTL, dan menganalisis peningkatan pemahaman siswa kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kendari pada materi besaran pokok dan besaran turunan yang diajar melalui penerapan pembelajaran CTL. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan pembelajaran CTL. Subjek penelitian ini adalah kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kendari yang berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat pada rerata hasil belajar siklus 1 yaitu, 66,48 meningkat menjadi 75,81 pada siklus 2, dapat melampaui KKM yang telah ditetapkan. Demikian pula dalam aktifitas guru yakni 72% pada siklus pertama menjadi 83% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VII.8 SMP Negeri 12 Kendari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin. Z. (1991). Evaluasi Instruksional prinsip tekhnik prosedur. Bandung Ramaja Rosda Karya
Arends, R.I. (2000). Learning To Teach. New York: MeGraw-Hill Companies, Inc
AsikinJaenal & Siti Ujaedah. 2020. Pengaruh Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL)Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Tulip: Junal Tulisan Ilmiah Pendidikan volume 9 (1).
Asma, N. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Hardtji Nursyaf’i. (2001). Pembangunan dan uji coba perangkat constextual Teaching and Learning. Jakarta: Depdiknas.
Hatmokomukti, Bayu. & Widodo Budhi. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi.Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Volume 5(1).
Ibrahim, M, Dkk. (2000). Pembelajaran Cooperative. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. University Perss.
Isnaeni, Herliyana. (2010) Penerapan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Mengembangkan Keterampilan Menjelaskan Siswa.skripsi..
Johnson , Elaine B. (2007). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan kegiatan belajar-mengajar. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar Pembelajaran, Bandung. Sinar Baru Algesino
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Renada media grup.
Yolanda, Dea Tirsa, dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika volume 1(1).
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i2.74
Refbacks
- There are currently no refbacks.