Keefektifan Penerapan Metode Simulasi Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas VIII SMPN 8 Satap Soromandi Tahun Pelajaran 2021/2022

Aswadin Aswadin, Nikman Azmin, Bakhtiar Bakhtiar

Abstract


Proses  belajar  mengajar  Biologi  tidak  selamanya  berjalan  efektif, karena masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar Biologi. Semakin variasinya pembelajaran sekarang, semakin sulit bagi siswa SMPN 8 Soromandi Satu Atap untuk memahami pembelajaran Biologi yang berkaitan dengan Peredaran Darah Pada Manusia. Hal ini disebabkan guru dalam menyampaikan  materi kurang adanya variasi metode dan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Hasil temuan peneliti sebelum siklus I menunjukan bahwa rata-rata kelas pada siklus I dan  II hasil belajar bidang studi Biologi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Satap Soromandi adalah 66 dengan prosentase ketuntasan sebanyak 26 orang atau 87%. Bila mengacu pada indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas yang ditetapkan untuk pembelajaran Biologi yaitu dengan KKM ≥ 70, dan prosentase ketuntasan 85% dari jumlah siswa yang ikut tes, maka dapat dinyatakan bahwa hasil siklus III ini telah memenuhi standar ketuntasan yang ditetapkan pada indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas.


Keywords


Keefektifan, Metode Simulasi, Sistem Peredaran Darah

Full Text:

PDF

References


Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah,O.(2021).MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA PELAJARAN IPA TERP. JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(01), 1-6.

Amiruddin, A., Rubianti, I., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2021). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 di SMAN 3 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).

Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40-46.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Jour

Herayanti, L., & Habibi, H. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.

Rahayu, S. (2017). Model simulasi dalam mata kuliah strategi pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 118-122.

Sinurat, B. J. (2019). Model Pembelajaran Simulasi. Di akses dari Academia. ed. pada, 3.

YO, R. R. (2016). Penerapan model pembelajaran simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial anak sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 96-108




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.