PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PHAIR SHARE) PADA MATERI SEL KELAS XI
Abstract
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share yang berisi panduan untuk mngembangkan aspek kognitif menjadi kewajiban yang harus dilaksankan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar karena memudahkan guru dalam mengelola proses belajar mengajar, misalnya dalam mengubah kondisi belajar yang semula berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered), membantu siswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga tercapainya hasil belajar yang optimal dan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Tujuan penelitian untuk mengetahui Karakteristik Lembar Kerja Siswa (LKS) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pelajaran biologi materi sel. Jenis penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) melalui 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan lembar kerja model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share menunjukkan secara umum perangkat pembelajaran pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) model pembelajaran Kooperatif Think Phair Share (TPS) pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Monta, dapat dijadikan referensi penunjang keefektifan proses pembelajaran yang memberikan nuansa baru dalam pembelajaran biologi khususnya materi sel pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Monta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40-46.
Abidin, 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Arsyad, . 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Corey, 2016. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung. Refika Aditama.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dimyati, Mudjiono. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Etin Solihatin, 2015. Cooperativ Learning Analisis Model Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.
Fakhrudah, 2015. Langkah-langkah Kooperativ Learning Model Pembelajaran Think Pair Share. Bandung : Rineka Cipta.
Heri, 2017. Pengambilan Sampel Acak Sederhana. Salamadian.Com, Muda dan Berilmu.
Isjoni, 2015. Pembelajaran Kooperative. Yokyakarta : Pustaka Pelajar.
Rani, K. 2017. Evektivitas Model Pembelajaran Koopertif Tipe Think Pair Share yang mengakomodasi penggunaan media Adoble Flash CS3 Profesional pada materi tentang sel. Skripsi. Yokyakarta: Univesitas Sanata Dharma. Yokyakarta.
Nurfathurrahman. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode resitasi pada materi system resitasi untuk siswa SMA kelas XI.
Palura, 2017. yang berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Dipadu Think Pair Share (TPS)”. Skripsi IKIP Budi Utomo Malang.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Permatasari dan Ismono, 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Beroriontasi Koopertif Tipe Think Pair Share untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi sel. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya.
Rianingsih, A. Mawardio dan Wardani K.W. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Phair Share Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. JurnaL Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran 3,2.
Sadipun B, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Phair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Universitas folres.
Suhardin, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Phair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal. Uika-Bogor
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT. Alfabet.
Suyanto, S., Paidi, dan I. Wilujeng. 2015. Lembar Kerja Siswa. Paparan Ilmiah. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Suryani dan Agung. 2018. Media Pembeljaarann Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2010. Pengembangan model pembelajaran tematik. Jakarta: Prestasi.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif –Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Widjajanti. 2016. Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar. Pustaka Belajar. Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.58
Refbacks
- There are currently no refbacks.