IDENTIFKASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 KOTA BIMA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Erni Suryani, Amran Amir, N. Nurfathurrahmah, Nikman Azmin, H. Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Bima materi keanekaragaman makhluk hidup tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil analisis data, Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas VIII dalam materi klasifikasi mahluk hidup di SMPN 3 Kota Bima yaitu faktor sarana dan prasarana 52,38% merupakan faktor eksternal utama yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa, sedangkan metode pembelajaran 47,61%, motivasi  46,61 % , minat 42, 86 %. materi pelajaran dan media belajar keduanya 38,09 %, menjadi factor pedukung, secara internal. Bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa kelas VIII dalam materi klasifikasi mahluk hidup di SMPN 3 Kota Bima yaitu sanagat dipengaruhi oleh kesulitan siswa dalam penamaan ilmiah 59,74%, kesulitan dalam memahami konsep 40,15%, dan kesulitan dalam memahami istilah 26,66%. 

Keywords


Identifikasi, Kesulitan Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, dan Wahyu.(2016). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan. 16 (2).

Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40-46

Arief, M.K., Handayani, L., Dwijananti, P. (2012). Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Pada Siswa RSBI :Studi Kasus Di RSMABI Se Kota Semarang. Unnes Physics Education Journal 1 (2) (2012).

Dewantara, I.P.M. (2012). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIIE SMPN 5 Negara Dan Strategi Guru Untuk Mengatasinya. Artikel Penelitian Prodi Pendidikan Bahasa, Mei 2012.

Sucihatiningsih., Heny, S. (2006). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi. https://media.neliti.com/media/publications/58347-ID-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kesulita.pdf. Diakses 09 Juli 2021.

Elwan, A.A., Serage, M.,Alwan, A. 2013. The Institutional Factors Affecting The Achievement in Physics in Tripoli. Libya. VFAST Transactions on Research in Education. 1(2).

Purnomo, A. (2019). Pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu Ipa Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A. Jurnal Kontekstual Volume 01, No. 1, Agustus 2019.

Waruwu, T. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran IPA dan Pelaksanaan Pembelajaran Remedial. Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.8 No.2 Edisi Mei 2020.

Yulianingsih. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Tahun Pelajaran 2017/2018. Bima: STKIP Bima.

Hutagalung, L.Y. (2018) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas X MIA SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi, Medan: UNIMED.

Hutagalung, Luvi Yunita (2018) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas X MIA SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.