Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Plered

Hanifah Hanifah, Hanikah Hanikah, Sumiri Sumiri

Abstract


This study aims to determine the improvement of student learning outcomes through the implementation of the Problem Based Learning (PBL) learning model on the material of Indonesian ecology and biodiversity in class VII of SMPN 1 Plered. The method used is classroom action research (CAR) on class VII E students totaling 35 students who were given treatment using the Problem Based Learning (PBL) learning model. The instrument used was multiple choice questions. Data collection techniques using tests. Data analysis was carried out by comparing the average posttest scores in cycle I and cycle II. Based on the analysis of data obtained in cycle I, students got an average score of 83.71, then in cycle II students got an average score of 84.57. The results of the study indicate that the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model can improve the learning outcomes of class VII students of SMPN 1 Plered on the material of Indonesian ecology and biodiversity.

Keywords


PBL; IPA; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Anita, W., & Lessy, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 3(1), 44-51. https://doi.org/10.33477/al-alam.v3i1.7302

Arrozaqu, A. J., & Setiawan, B. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 674-681.

Astriani, H., Ramdiah, S., & Mayasari, R. (2021). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 35 Banjarmasin pada materi ketergantungan dalam ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(2), 83-92.

Baehaqi, I. B., Agustini, F., Hayat, M. S., & Rachmawati, F. (2024). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Materi Bioteknologi pada Kelas IX SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 9(2), 118-123. https://doi.org/10.24905/psej.v9i2.191

Gea, S. F. S., Waruwu, T., Zega, N. A., & Waruwu, Y. (2025). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA SMP Negeri 1 Tuhemberua. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1), 140-150. http://dx.doi.org/10.51878/educational.v5i1.4588

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Hanafi, I., Hanikah, H., & Laela, K. (2018). Implementasi Pendekatan Teaching at Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Materi Penjumlahan & Pengurangan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 413-424. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i2.74407

Hariyadi, S. (2014). Bertanya, Pemicu Kreativitas dalam Interaksi Belajar. BIOSEL: Jurnal Biology Science & Education, 3(2), 143–158. https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.518

Istiningsih, S. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 297-303. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3737

Kemdikbud. (2020). Keterampilan Pembelajaran pada Abad-21 Disiapkan untuk Sambut Bonus Demografi Indonesia.

Nawaningrum, E. S., Ernawati, T., & Hartono, E. P. (2024, August). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMPN 2 Piyungan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, No. 1, pp. 335-344).

Novianti, R. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar IPA di Smp Negeri 1 Adiluwih. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 496-506. https://doi.org/10.51278/aj.v6i3.1669

Noviana, R., & Darmiasih, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi Di SMP Negeri 5 Ciamis. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 113-121. https://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10413

Mahmudah, N., Purnami, A. S., & Bukhori, S. (2024, August). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 1099-1110).

Mangngi, S. E., Lalupanda, E. M., & Enda, R. R. H. (2020). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP N 6 Wewewa Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 154-159. http://dx.doi.org/10.33369/diklabio.6.2.154-159

Maulida, N. H., Kulsum, U., & Nugrahaningsih, N. (2024, May). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas IX D SMPN 34 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 1245-1252).

Munifah, N., & Listiyantati, L. (2024, August). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 535-543).

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Septiananda, F. R., & Wijayanti, A. (2024, August). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Banguntapan pada Materi Tata Surya Tahun Pelajaran 2023/2024. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, No. 1, pp. 555-564).

Sinu, E. B., Selung, Y. L., Babe, S. P., Werang, G. T., Carvallo, A. P., Kleden, M. A., ... & Kelen, S. W. (2025). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA pada Materi Pesawat Sederhana Melalui Model Problem Based Learning di SMP Ratu Damai Waibalun-(Article in Press). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 8(1). https://doi.org/10.23887/jppsi.v8i1.91830

Takaliwungan, V. E., Pendong, D. F., & Kawuwung, F. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wori. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 3(2), 113-125.

Widiasworo. (2018). Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar. Belajar. Mengabdi Surakarta, 4 (Pendidikan), 149-150.

Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 1 Batang Hari. Biodik, 5(3), 273–285. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.8418




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v6i01.520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.