Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Plered
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita, W., & Lessy, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 3(1), 44-51. https://doi.org/10.33477/al-alam.v3i1.7302
Arrozaqu, A. J., & Setiawan, B. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 674-681.
Astriani, H., Ramdiah, S., & Mayasari, R. (2021). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 35 Banjarmasin pada materi ketergantungan dalam ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(2), 83-92.
Baehaqi, I. B., Agustini, F., Hayat, M. S., & Rachmawati, F. (2024). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Materi Bioteknologi pada Kelas IX SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 9(2), 118-123. https://doi.org/10.24905/psej.v9i2.191
Gea, S. F. S., Waruwu, T., Zega, N. A., & Waruwu, Y. (2025). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA SMP Negeri 1 Tuhemberua. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 5(1), 140-150. http://dx.doi.org/10.51878/educational.v5i1.4588
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58
Hanafi, I., Hanikah, H., & Laela, K. (2018). Implementasi Pendekatan Teaching at Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Materi Penjumlahan & Pengurangan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 413-424. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i2.74407
Hariyadi, S. (2014). Bertanya, Pemicu Kreativitas dalam Interaksi Belajar. BIOSEL: Jurnal Biology Science & Education, 3(2), 143–158. https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.518
Istiningsih, S. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 297-303. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3737
Kemdikbud. (2020). Keterampilan Pembelajaran pada Abad-21 Disiapkan untuk Sambut Bonus Demografi Indonesia.
Nawaningrum, E. S., Ernawati, T., & Hartono, E. P. (2024, August). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMPN 2 Piyungan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, No. 1, pp. 335-344).
Novianti, R. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar IPA di Smp Negeri 1 Adiluwih. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 496-506. https://doi.org/10.51278/aj.v6i3.1669
Noviana, R., & Darmiasih, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi Di SMP Negeri 5 Ciamis. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 113-121. https://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10413
Mahmudah, N., Purnami, A. S., & Bukhori, S. (2024, August). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 1099-1110).
Mangngi, S. E., Lalupanda, E. M., & Enda, R. R. H. (2020). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP N 6 Wewewa Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 154-159. http://dx.doi.org/10.33369/diklabio.6.2.154-159
Maulida, N. H., Kulsum, U., & Nugrahaningsih, N. (2024, May). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas IX D SMPN 34 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 1245-1252).
Munifah, N., & Listiyantati, L. (2024, August). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 535-543).
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Septiananda, F. R., & Wijayanti, A. (2024, August). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Banguntapan pada Materi Tata Surya Tahun Pelajaran 2023/2024. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, No. 1, pp. 555-564).
Sinu, E. B., Selung, Y. L., Babe, S. P., Werang, G. T., Carvallo, A. P., Kleden, M. A., ... & Kelen, S. W. (2025). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA pada Materi Pesawat Sederhana Melalui Model Problem Based Learning di SMP Ratu Damai Waibalun-(Article in Press). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 8(1). https://doi.org/10.23887/jppsi.v8i1.91830
Takaliwungan, V. E., Pendong, D. F., & Kawuwung, F. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wori. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 3(2), 113-125.
Widiasworo. (2018). Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar. Belajar. Mengabdi Surakarta, 4 (Pendidikan), 149-150.
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 1 Batang Hari. Biodik, 5(3), 273–285. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.8418
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v6i01.520
Refbacks
- There are currently no refbacks.