PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN LABORATORIUM IPA TERPADU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 07 KOTA BIMA

Amran Amir, Nikman Azmin, Irma Rubianti, O. Olahairullah

Abstract


Penggunaan laboratorium yang kurang tepat dari guru dan siswa menyebabkan siswa mempunyai sikap dan kebiasaan belajar yang kurang menguntungkan, apalagi sekolah yang dalam pelaksanaanya dan penerapan praktikum sangat kurang, akan menyebabkan proses belajar mengajar kurang  termotivasi  sehingga prestasi belajar yang di peroleh siswa tidak sesuai dengan apa yang di harapkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Empiris yang bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Tingkat Penggunaan Laboratorium IPA Terhadap Peningkatan  Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Siswa Kelaas VIII SMP Negeri 07 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kota Bima yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 40 orang. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa  nilai rata-rata belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu kelas VIII berada pada kategori cukup dengan nilai 0,62. Terdapat hubungan antara tingkat penggunaan laboratorium dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu dengan hasil 4,85>1,68 nilai F hitung hasil analisa data 4,85 lebih besar dari 1,68 (nilai dalam F-tabel), dengan jumlah responden 14 siswa. Hasil belajar siswa mempunyai hubungan dengan pengunaan laboratorium, disamping pengaruh dari luar yang menjadi faktor keberhasilan belajar siswa, terdapat pula faktor internal dari siswa itu sendiri dengan peningkatan motivasi yang dimilikinya.


Keywords


Laboratorium IPA, Hasil Belajar IPA Terpadu

Full Text:

PDF

References


Alfira, M.A. 2016. Statistika penelitian. Mataram: Insan Madani Publising.

Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40-46

Fitriani, A. 2014. pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik berbantu video intraktif materi lingkaran kelas VIII MTsN Meranggen . Jurnal pendidikan sosiologi no2, vol 2

Herijon.2017. Penerapan metode pembelajaran diskusi kelas dan open ended questions untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN Bengkulu. Jurnal Pendidikan, Vol 2, Nomor 2,

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Johari, M. 2014.” Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat”, Vol. 4.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif Jogjakarta: Diva Press.

Syaifullah, S., Nurnazmi, N., & Azmin, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal di SMAN 3 Wera. EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 4(1), 60-68

Sudiaranta, G.P. 2017. Pengembangan pembelajaran berpendekatan tematik berorientasi pemecahan masalah IPA Terpadu terbuka untuk mengembangkan berfikir devergen, kritis dan kreatif. jurnal penddikan dan kebudayaan, No.6 vol 2.




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.