Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong

Jeni Yorlina Wafom, Ratna Prabawati, Mivtha Citraningrum

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Jenis dan desain adalah eksperimen, dilaksanakan 16-31 Juli 2024, di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Jumlah peserta didik dalam penelitian 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data digunakan adalah Uji Normalitas, Uji N-Gain. Dan Uji t-one sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Normalitas dengan pretes 40 bersignifikan 167 dengan postes bersignifikan 007. Uji N-Gain diperoleh nilai minimum 10 maksimal 54, Mean 0528, standar deviasi 6102. Uji t-one sampel t-tes diperoleh 1,83% dan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 70,67% dan kategori ketuntasan hasil belajar 90%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kabupaten sorong. 


Keywords


Pengaruh; Model Pembelajaran; Problem Solving; Hasil Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Allo, D. P., Sudia, M., Kadir, K., & Hasnawati, H. (2019). Penerapan model pembelajaran problem-based learning setting kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Swasta Antam Pomalaa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19-30. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5641

Andita, C. D., & Taufina, T. (2020). Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 541-550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.397.

Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas model pembelajaran problem-based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149-1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.

Fadimpo, L.M., Prabawati, R. and Ulfa, N.A. (2023) ‘Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem- Based Learning) Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMA Muhammadiyah Kabupaten Sorong’, Biolearning Journal, 10(2), pp.45–54. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v10i2.4039.

Fajria, F., Rahmatan, H., & Halim, A. (2017). Dampak model pembelajaran problem solving terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 86-93. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9822.

Fitriyah, N., Hariani, S. A., & Fikri, K. (2015). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar ipa biologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 44-50. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i2.4305

Gulo, F. (2020). Tinjauan Teologis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) [A Theological Review of the TGT Type Cooperative Learning Model]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(2), 31-50. http://dx.doi.org/10.19166/dil.v2i2.2048

Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development, 8(1), 221-231. https://doi.org/10.37081/ed.v8i1

Kulsum, U., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan model pembelajaran cooperative problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah siswa pada mata pelajaran fisika. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3600

Samad, I., & Assaibin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis dengan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43-50. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.120 .

Sudjana, N. (2012). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Utami, S. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA dengan Model Problem Solving. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 255-262. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1303.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039-1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398

Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: UPI PRESS.

Yaqin, A., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Kelistrikan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 237-245. https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%25p

Zalalia, N., & Buditjahjanto, I. A. (2014). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Dasar-dasar Teknik Digital di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3. https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%25p




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.