Penggunaan Kalkulator AI Sebagai Media Interaktif dalam Membentuk Pemahaman Konsep dan Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tunanetra

Nur Marsah Damayanti, Fitria Sarnita, Arif Rahman Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membentuk pemahaman konsep matematika dan melatih kemampuan berpikir kreatif siswa tunanetra. Metode peneltian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa tunanetra yang terdiri dari tiga orang dengan kriteria dua low vision dan satu totally blind di SLB Baiturrahman. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar deskriptif observasi, wawancara, dan tes tertulis. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini menunjukkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif yang disajikan dalam bentuk tabel dan ditinjau dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif siswa tuna netra yang berbeda-beda, dan untuk hasil tes pemahaman konsep matematika siswa disajikan dalam tabel kebenaran dimana angka 0 menujukan keterangan salah dan angka 1 menunjukan keterangan benar.  Berdsarkan hasil pembahasan pada kedua variabel penelitian yaitu kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep pada siswa tunanetra adalah setiap indikator pada variabel penelitian, tiga siswa tuna netra mendapatkan hasil yang berbeda-beda, hasil ini juga dipengaruhi oleh kriteria pada masing-masing siswa tuna netra yaitu low vision dan total blind.

Keywords


Kalkulator AI; Pemahaman Konsep; Kemampuan Berpikir Kreatif; Siswa Tunanetra.

Full Text:

PDF

References


Anabanu, M. (2021). Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Syntax Transformation. https://doi.org/10.46799/jst.v2i3.239

Bustan, A. W., & Mahmud, R. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusi SMA Negeri 10 Kota Ternate. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan. https://doi.org/10.12928/admathedu.v9i2.15044

Buyung, & Burhanuddin, N. (2023). Sarana Berfikir Ilmiah (Bahasa, Logika, Matematika Dan Statistik). Jurnal REVORMA, Vol.3, No. 1, Bulan April Tahun 2023.

Cahyaningsih, R. D., Purwanto, A., & Khaerudin, K. (2023). Analysis of Students’ Creative Thinking in Science Learning. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.7934

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fajriati, N., & Murtiyasa, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2219

Fatimah, C., Parinata, D., Efendy, A., & Santika, Y. (2021). Digital Mathematics Learning Companion (Dmlc): Aplikasi Android Guru Pendamping Khusus Matematika Bagi Penyandang Tunanetra Berbasis Suara. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 40–46.

Indonesia, M. P. D. A. N. K. R. (N.D.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah.

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 24–32.

Khoirunisa, I., Purwoko, R. Y., & Anjarini, T. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Contekstual Teaching Learning Pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.389

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media belajar berbasis android menggunakan mit app inventor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42–45.

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107–126.

Nurfadhilah, N. A., & Fitri, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung melalui Media Drinking Straws and Number Bag Kelas II Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education, 1(2), 264-274. https://doi.org/10.36805/ijpse.v1i2.585

Patton, E. W., Tissenbaum, M., & Harunani, F. (2019). MIT app inventor: Objectives, design, and development. Computational Thinking Education, 31–49.

Praptaningrum, A. (2020). Penerapan bahan ajar audio untuk anak tunanetra tingkat smp di indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 1–19.

Putri, L. A. (2020). Euclidean Voice: Aplikasi Pembelajaran Geometri Euclid Berbasis Android Untuk Penyandang Tunanetra. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 23–27.

Rachmaniah Mirza, H. (2023). Analisis pemahaman matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 9–16.

Rindiani, R., & Irdamurni, irdamurni. (2019). Media blokjes untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung anak tunanetra. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus.

Satria, R. L., & Hidayat, S. (2019). Perancangan Media Visual Untuk Anak Disabilitas Netra Low Vision. EProceedings of Art & Design, 6(3).

Soemantri, S., Efendi, J. F., Firdhayanti, R., Wicandra, E. A., Sholahudin, D., & Damayanti, A. (2022). Penerapan Magical Book Geometry Voice Interaction Sebagai Sarana Belajar Matematika Bagi Penyandang Tuna Netra Masa Pandemi Di Smplb-A Ypab, Surabaya. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia). https://doi.org/10.33366/japi.v7i1.3301

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Umam,. Https://Medium.Com/.

Sukma, I. K., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas.

Tsurayya, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Baamboozle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dinamika. https://doi.org/10.35194/jd.v6i2.3343

Umar, W., & Usman, H. (2021). Pengembangan Pembelajaran Abad 21 Berbasis Hots Matematis Melalui Strategi Mathematical Habits Of Mind. JURNAL SAINS, SOSIAL DAN HUMANIORA (JSSH). https://doi.org/10.52046/jssh.v1i2.937

Widia, W., Syahrir, S., & Sarnita, F. (2020). Berpikir Kreatif Merupakan Bagian Terpenting dalam Meningkatkan Life Skills di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA). https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.6

Wuryanti, I. L., & Sutama, S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Kesalahan dalam Mengerjakan Soal. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6120




DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.