Evaluasi Perkuliahan Zat dan Energi Terintegrasi ESD Untuk Meningkatkan Literasi Energi Calon Guru IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki evaluasi perkuliahan zat dan energi menggunakan metode evaluasi model CIPP terhadap komponen Context dan Input pada program studi pendidikan IPA di salah satu perguruan tinggi di Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif evaluatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 32 orang mahasiswa dan satu orang dosen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, analisis dokumen, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah zat dan energi relevan dengan ESD, namun isu SDG konteks energi belum dimuat dalam pembelajaran atau kurikulum yang dibuktikan dengan capaian pembelajaran mata kuliah yang belum mengakomodasi peningkatan literasi energi calon guru IPA. Literasi energi dimensi penguasaan pengetahuan awal masih tergolong rendah dan bahan kajian dalam materi perkuliahan zat dan energi diajarkan secara tidak terintegrasi oleh dosen pengampu sesuai bidang ilmu yang dikuasainya atau sesuai dengan latar belakang disiplin ilmunya sehingga pengetahuan yang diperoleh mahasiswa tidak terkait satu sama lain. Perkuliahan zat dan energi telah memenuhi standar nasional pendidikan tinggi untuk kategori karakteristik pembelajaran kontekstual. Kendala dalam perkuliahan zat dan energi adalah belum tersedianya laboratorium IPA dan buku panduan praktikum yang dapat menghambat proses pembelajaran. Kebutuhan terhadap calon guru IPA sangat urgen dikarenakan masih banyak guru IPA di lapangan yang tidak memenuhi kualifikasi S1 pendidikan IPA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. A. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan tinggi dalam upaya peningkatan mutu (Studi kasus pada perguruan tinggi swasta menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 87-99. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.95
Arikunto. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DeWaters, J., Qaqish, B., Graham, M., & Powers, S. (2012). Designing an Energy Literacy Questionnaire for Middle and High School Youth. The Journal of Environmental Education, 44(1), 56–78. https://doi.org/10.1080/00958964.2012.682615.
Faisal, F., & Lova, S. M. (2018). Persepsi Mahasiswa PGSD Terhadap Implementasi KKNI di Universitas Negeri Medan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1). http://dx.doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100047
Fiandi, A., & Sesmiarni, Z. (2023). Implementasi Standar Mutu Dan Sasaran Mutu Pada Lembaga Pendidikan. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.37859/eduteach.v4i1.4431.
Gainau, M. B. (2021). Pengantar Metode penelitian. Yogyakarta, Indonesia: PT Kanisius.
Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.31
Insani. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP se-Kota Malang. Jurnal pendidikan Biologi, 7(2), 81-93. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i2p81-93.
Khandakar, A., Chowdhury, M. E. H., Gonzales, A. J. S. P., Touati, F., Emadi, N. A., & Ayari, M. A. (2020). Case study to analyze the impact of multi-course project-based learning approach on education for sustainable development. Sustainability, 12(2), 480. https://doi.org/10.3390/su12020480
Kisworo, K., Ngabekti, S., & Indriyanti, D. (2017). Faktor Determinan dari Guru dalam Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Tingkat SMP di Wonosobo. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 179-185. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.1971.
Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575.
Lee, L. S., Lee, Y. F., Altschuld, J. W., Pan, Y. J. (2015). Energy literacy: evaluating knowledge, affect, and behavior of students in Taiwan. Energy Pol. 76, 98-106. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2014.11.012
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal AtTa’dib, 6(1), 118. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551
Martins, A., Madaleno, M., & Dias, M. F. (2020). Energy literacy: What is out there to know?. Energy Reports, 6, 454-459. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.007
Mehmood, A., Lin, R., Zhang, L., Lee, Carman K. M., Ren, J. Z. (2022). Qualitative mapping of barriers to the renewables' development against energy literacy dimensions: A case study of Pakistan. Energy Reports, 8(3), 332-337. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2022.01.050.
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34-45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819.
Ningtyas, A. W., Aulia, A. S., & Rahmadhani, P. A. (2022). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tingkat SMP Kelas 8 sebagai Landasan Ketercapaian Pembelajaran IPA. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 243-253. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i3.12708
Ortega Lasuen, U., Ortuzar Iragorri, M. A., & Diez, J. R. (2020). Towards energy transition at the Faculty of Education of Bilbao (UPV/EHU): diagnosing community and building. International Journal of Sustainability in Higher Education, 21(7), 1277-1296. https://doi.org/10.1108/IJSHE-12.2019-0363.
Priyatma, B., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2019). Analisis kendala pendidik IPA terhadap pembelajaran IPA Terpadu di SMP Swasta. Jurnal Bio Terdidik, 7(5): 20-32. https://id.scribd.com/document/617030676/289778333
Saetban, A. (2022). Kesadaran Mahasiswa Terhadap Nilai Disiplin Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 97-108. https://doi.org/10.5281/zenodo.6613277
Salabi, A. (2016). Needs Assessment Laboratorium Biologi pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 35-61. https://doi.org/10.18592/ptk.v2i2.1029
Salim dan Haidir (2019). Penelitian pendidikan: Metode, pendekatan, dan jenis. Edisi pertama. Jakarta: Indonesia Kencana.
Sayarkhalaj, H., & Khesal, M. F. (2022). Investigating energy literacy and its structural model for citizens of Mashhad. Heliyon, 8(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11449
Suherman, (2003). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusuma.
Supriyantoko, I., Jaya, A., Kurnia, V., & Habiba, P. G. S. (2020). Evaluasi implementasi kebijakan teaching factory dengan model evaluasi CIPP di SMK Negeri DKI Jakarta. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 1-10. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p1-10
Suranto, D. I., Annur, S., Ibrahim, & Alifyanto (2022). Pentingnya Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2). http://dx.doi.org/10.33578/kpd.v1i2.26
Suryawati, E., & Osman, K. (2017). Contextual learning: Innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education,14(1), 61–76. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/ejmste/79329.
UNESCO. (2014). Education for All Global Monitoring Report 2013-2014: Teaching and Learning: Achieving Quality for All. Paris, UNESCO. Retrieved from http://unesdoc.unesco.org/images/0022/002256/225660e.pdf.
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris, UNESCO. Retrieved from https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000247444.
Vilmala, B. K., Karniawati, I., Suhandi, A., Permanasari, A., & Khumalo, M. (2022). A Literature Review of ESD in Science Learning: What, Why, and How. Journal of Natural Science and Integration, 5(1). http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v5i1.15342
Yuliati, L. (2013). Efektivitas bahan ajar IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 53-57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2580
DOI: https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.285
Refbacks
- There are currently no refbacks.